Yuk, Kenali Lebih Dalam Apa Itu Metamask?

Yuk, Kenali Lebih Dalam Apa Itu Metamask?

Tidak hanya itu, MetaMask juga digunakan untuk berinteraksi dengan blockchain Ethereum dan juga menampung berbagai aplikasi terdesentralisasi (dApps). MetaMask berharap dengan bantuan platform mereka, browsing dApps menjadi lebih praktis dan mudah diakses, termasuk akses game-game NFT berbasis Ethereum seperti The Sandbox dan CryptoKitties.

Yang unik adalah dompet ini khusus dirancang untuk mengelola, menerima dan mentransfer mata uang digital Ethereum dan ERC-20. Hingga saat ini, telah ada lebih dari 1 juta pengguna aktif-nya. Peningkatan popularitas MetaMask juga didukung dengan fungsinya yang efektif dan membantu para pengguna.

Dompet digital ini, memiliki interface atau layar muka dan fitur yang mudah digunakan dan ramah pengguna. Bagi Anda yang masih baru dengan dunia kripto, mungkin sedikit rumit, namun dompet digital ini akan memudahkan pengalaman pertama Anda di dunia kriptologi.

Meskipun mungkin tampak rumit bagi pemula, MetaMask adalah salah satu dompet Ethereum dan browser dapp yang lebih sederhana untuk digunakan, dan dalam banyak kasus dapat diatur dalam beberapa menit.

Untuk menggunakan MetaMask, Anda memerlukan browser seperti Chrome atau Firefox. Pertama, Anda harus mengunduh dan menginstal ekstensi Metamask resmi (juga dikenal sebagai plugin atau add-on) untuk browser pilihan Anda.

BACA JUGA:Rekomendasi Pinjaman Online Legal Terdaftar OJK, Buruan Download!

  • Kunjungi situs resmi MetaMask dan pilih opsi unduhan anda (aplikasi Chrome, iOS, atau Android). Buka toko resmi Chrome, dan klik "Dapatkan Ekstensi Chrome." 
  • Ikuti tautan, klik “Tambahkan ke Chrome” untuk menambahkan ekstensi, dan instal plugin MetaMask. Setelah siap, anda akan diarahkan ke tab baru.

Meskipun mungkin tampak rumit bagi pemula, MetaMask adalah salah satu dompet Ethereum dan browser dapp yang lebih sederhana untuk digunakan, dan dapat diatur dalam beberapa menit dalam banyak kasus.

  • Setelah Menginstal seperti langkah-langkah diatas, anda akan melihat layar splash di bawah ini. Klik tombol 'Memulai' untuk memulai membuat dompet Ethereum anda dengan menggunakan MetaMask.
  • Langkah selanjutnya, klik tombol 'Buat Dompet'. Anda kemudian akan ditanya apakah anda ingin membantu meningkatkan MetaMask. Klik 'Tidak, Terima kasih' jika anda tidak tertarik, jika anda tertarik, klik 'Saya setuju'.

BACA JUGA:Cara Membeli Saldo E – Money; BCA Sediakan Flazz BCA

  • Pilih kata sandi pada langkah ini. Jumlahnya harus minimal 8 karakter. Sebaiknya gunakan kata sandi yang benar-benar unik yang belum pernah digunakan di tempat lain, dan kata sandi yang berisi campuran huruf besar dan kecil, simbol, dan angka.
  • Baca dan terima Persyaratan Penggunaan, dan klik 'Buat' setelah kata sandi anda ditetapkan. MetaMask kemudian akan memberi anda frase cadangan 12 kata anda. Anda harus menuliskan frasa ini dengan hati-hati, dengan kata-kata yang direkam dalam urutan yang sama ditampilkan di layar anda. Frasa ini akan diperlukan untuk memulihkan dompet anda jika anda kehilangan akses ke komputer anda, dan harus disimpan di tempat yang aman. Siapa pun yang memiliki akses ke frasa cadangan 12 kata anda akan memiliki akses ke dana di dompet MetaMask anda, jadi jaga kerahasiaannya. Klik 'Berikutnya' setelah anda menuliskan ini.
  • Konfirmasikan frasa cadangan anda di layar berikutnya dengan memasukkan kata-kata dalam urutan yang sama yang disimpan sebelumnya. Klik 'Konfirmasi' setelah selesai.
  • Langkah sekarang hampir menyelesaikan proses penyiapan MetaMask. Cukup klik 'Semua Selesai' di halaman terakhir, dan anda akan secara otomatis masuk ke MetaMask.
  • Jika anda pernah keluar, anda dapat masuk kembali dengan mengklik ikon MetaMask, yang akan ditambahkan ke browser web anda (biasanya ditemukan di sebelah bilah URL).

BACA JUGA:Yuk Simak! 5 Cara Beli Saldo E - Money dengan Mudah

  • Sekarang dapat mengakses daftar aset anda di tab 'Aset' dan melihat riwayat transaksi anda di tab 'Aktivitas'. Mengirim kripto semudah mengklik tombol 'Kirim', memasukkan alamat penerima dan jumlah yang akan dikirim, dan memilih biaya transaksi. anda juga dapat menyesuaikan biaya transaksi secara manual menggunakan tombol 'Opsi Lanjutan', menggunakan informasi dari SPBU ETH atau platform serupa untuk memilih harga gas yang lebih dapat diterima. Setelah mengklik 'Berikutnya', anda akan dapat mengkonfirmasi atau menolak transaksi pada halaman berikutnya.
  • Untuk menggunakan MetaMask untuk berinteraksi dengan dapp atau kontrak pintar , anda biasanya perlu menemukan tombol 'Hubungkan ke Dompet' atau elemen serupa pada platform yang anda coba gunakan. Setelah mengklik ini, anda akan melihat prompt yang menanyakan apakah anda ingin membiarkan dapp terhubung ke dompet anda.

Sifat MetaMask membatasi tingkat keamanannya dibandingkan dengan dompet digital penyimpanan seperti Trezor dan Ledger namun, ini mengalahkan dompet lain dalam hal kemudahan akses dengan dunia Ethereum DApp, berkat pengaturan dan ketersediaannya yang mudah di platform desktop dan seluler.

BACA JUGA:Apa Itu Ethereum, Dan Bagaimana Cara Kerja Dan Penggunaan Ethereum? Simak Yuk!

Faktanya, sulit membayangkan bagaimana sektor DeFi akan berkembang biak sejauh ini jika bukan karena ekstensi browser MetaMask.

Selain itu, opsi dompet untuk menetapkan batas di atas atau di bawah biaya rata-rata memberi pengguna kebebasan untuk memilih seberapa cepat transaksi mereka diproses dan berapa banyak mereka harus membayar biaya fungsi yang tidak tersedia di sebagian besar dompet kripto.

Itulah, beberapa ulasan singkat mengenai MetaMask. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: