Yuk Ketahui 4 Manfaat Berhenti Merokok

Yuk Ketahui 4 Manfaat Berhenti Merokok

JAKARTA, RADARPENA - Berhenti dari merokok adalah dambaan semua orang yang telah kecanduan. Kesadaran itu bisa muncul karena dampak buruk dari merokok suka atau tidak suka. Berbagai macam cara dilakukan agar kebiasaan jelek merokok dapat dikurangi atau dihilangkan sama sekali.

Beberapa cara yang sering dilakukan adalah, memperbanyak minum air puih, Menyikat gigi lebih dari tiga kali sehari  dengan pasta gigi, mengunyah permen, mengurangi konsumsi makanan yang bisa merangsang mulut untuk  menghisap rokok, seperti terlalu banyak mengopi, terlalu banyak memakan makanan pedas dan lain sebagainya.

Beberapa cara diatas terkadang ada yang berhasil, apalagi jika ditambah dengan berolahraga. Tapi adakalanya tidak berhasil. Bahkan kegiatan merokoknya justru bertambah banyak alias jumlah bungkus rokok yang dihabiskan semakin lebih banyak dibanding sebelumnya. 

BACA JUGA:Manfaat Jus Tomat: Memperkuat Kesehatan dan Cara Pembuatannya

Persoalan berhenti dari merokok, sebenarnya ada pada niat yang sungguh-sungguh untuk  tidak merokok lagi, kemudian didorong dengan pengetahuan yang cukup berupa pengetahuan manfaat jika berhenti merokok.

Berikut 5 Manfaat berhenti merokok.

1.    Terhindar dari penyakit paru-paru, Kanker, Sesak nafas

Penyakit paru-paru atau Tubercolosis (TBC) salah satunya bisa dihindari dengan mengurangi atau berhenti merokok. Rokok yang disap mengandung zat berbahay seperti nikotine. Zat Nikotine dapat menempel diparu-paru dan bisa berakibat penyakit TBC. Selain itu penyakit sesak nafas karena karbondioksida alias asap rokok berbahaya bagi kesehatan. Dalam dunia media terkenal istilah perokok pasif. Maksudanya adalah orang lai terpaksa menghisap asap rokok yang telah dikeluarkan dari perokok, dan ini justru lebih berbahaya terkena penyakit.

2.    Hemat

Manfaat lain dari berhenti merokok seseorang bisa lebih menghemat pengeluaran. Bayangkan saja dalam satu bungkus rokok itu, harganya bisa mencapai Rp 20 ribu bahkan lebih. Mirisnya seorang perokok, atau perokok berat bisa menghabiskan 2 sampai 3 bungkus  per hari. Jika itu dikalikan dengan harga rokok bisa menghemat sekitar Rp 60 ribu per hari

BACA JUGA:Kenali Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

3.    Terhindar dari bau badan

Perokok yang terus menerus, dapat terkena dampak asap atau nikotine bukan saja ke bagian paru-paru tapi bisa menempel atau melekat dibagian badan. Sehingga seseorang yang perokok berat, tidak jarang aroma tubuhnya terpengaruh oleh asap rokok yang mengeluarkan aroma tidak sedap.

4.    Pakaian lebih menjadi lebih bersih dan terhindar dari terbakar

Kegiatan merokok yang dilakukan seseorang dapat mengotorkan pakaian, terutama efek dari zat nikotene. Lebih parah lagi bisa merusak baju karena terpercik bara api dari rokok dampak dari butiran tembakau yang sedikit besar. Ini bisa membuat baju menjadi bolong-bolong. (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: