Al-Husayn Bermakna Tampan dan Berbudi Pekerti Luhur

Al-Husayn Bermakna Tampan dan Berbudi Pekerti Luhur

JAKARTA, RADARPENA - Kata Al-Husayn berasal dari Bahasa Arab yang berarti elok, bagus, tampan , baik sekali, Lembut Sopan, Berbudi luhur. Kata ini seakar dan semakna dengan Al-Hasan yang berarti sama.

Kata Al-Husayn sangat cocok disematkan kepada menjadi nama anak laki-laki Islam. Kata Alhusayn memiliki variasi penulisan yang beragam seperti al-Hussein, Husin, Husen, Husnan .

Variasi penulisan tidak merubah arti dari kata tersebut.  Anak-anak islam banyak diberi nama seperti al-Husayn ini. Nama ini banyak digunakan sebab terderngar juga indah, dan lembut sebagai suatu panggilan untuk  anak laki-laki

Lazimnya pendapat sebuah nama adalah doa, orang tua Muslim juga berharap anak-anak mereka menjadi seperti Al-Husayn yang tampan, elok, gagah , berbudi pekerti luhur.  Nama al-Husayn mencerminkan keinginan dari kedua orang si anak, agar kelak anak mereka tumbuh menjadi anak yang gagah, rupawan, memiliki budi pekerti yang luhur.

BACA JUGA:30 Rekomendasi Nama Bayi Laki - Laki Islami Yang Memiliki Makna Sangat Baik

Orang pertama yang menggunakan nama Al-Husayn adalah Al-Hussein Bin Ali. Beliau merupakan Cucu Rasulullah SAW dari anaknya Fatimah Az-Zahra dan Ali Bin Abi Thalib.  Dilansir dari wikipedia Hussein Bin Ali lahir 10 Januari 626 M atau 3 Syakban 4H. Beliau meninggal dan syahid di Padang Karbala pada 10 Muharram 680H atau pada 10 Oktober 680 M, dalam suatu pertempuran yang tak seimbang antara pasukan Hussein Bin Ali dan Pasukan Militer Yazid bin Muawiyah

Sesuai dengan nama itu ternyata Hussein bin Ali memang tumbuh menjadi orang yang dermawan, elok rupawan dan memiliki akhlak yang mulia. Salah satu akhlak mulia dari Al-Hussein adalah Beliau sangat dermawan dan mengasihi orang –orang yang fakir Miskin. Sejarah hidupnya dipenuhi dengan kecintaan dan kasih sayangnya terutama kepada orang-orang papa.

Semula nama Hussein Bin Ali bukanlah Husayn, melainkan atas pemberian dari ayahnya  Ali Bin Abi Thalib yang memiliki nama  Hurban. Ketika Rasulullah mengetahuinya maka Rasulullah SAW mengganti nama itu menjadi Hussein.

BACA JUGA:Ini dia Nama Nabi dan Rosul yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

Dewasa ini nama-nama Al-Husayn yang berarti tampan, atau elok atau berbudi pekerti luhur itu, banyak sekali disematkan kepada nama anak-anak Muslim. Di beberapa Provinsi di Indonesia sangat banyak memakai nama-nama Al—Husayn ini.  Terkadang nama itu memiliki tambahan lain

Berikut 10 varian tambahan nama Al-Husayn 

1.                   Muhammad Husayn

2.                   Husayn Mubarok

3.                   Muhammad Nabhan Husayn

4.                   Zainal Husayn

5.                   Faiz Husayn

6.                   Haikal Husayn

7.                   Husein Abdul Salam

8.                   Husein Aidi

9.                   Husein Al-Fikri

10.              Husein Affan***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: