Pahami Hukumnya Bercermin Dalam Islam

Pahami Hukumnya Bercermin Dalam Islam

اَلْحَمْدُلِلّٰهِ الَّذِى سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلَهُ وَكَرَّمَ صُوْرَةَ وَجْهِى فَحَسَّنَهَاوَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْ

Lafadz: Alhamdulillahilladzi sawwaa khalqii fa'addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja'alanii minal muslimin.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan dan memperbaiki penciptaanku, memuliakan bentuk wajahku, maka Dia membaguskan dan menjadikan aku termasuk orang-orang Islam." (HR Ibnu as-Sani).

BACA JUGA:Pelajari! Doa Bercermin Sesuai Ajaran Islam, Lengkap Beserta Artinya

Bercermin dan berhias diri menjadi salah satu aktivitas rutin manusia. Bercermin menjadi bagian aktivitas dari proses mempercantik diri agar bisa lebih percaya diri saat beraktivitas. 

Saat bercermin hendaknya mensyukuri semua hal yang ada pada diri kita, baik bentuk wajah, bentuk tubuh, dan lain sebagainya.

Sebab, Allah SWT sudah menciptakan hambaNya dengan sebaik-baiknya ciptaan. Hal ini dijelaskan dan dituangkan  dalam Surat At-tin ayat 4.

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Artinya: "Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." 

Selain itu, dianjurkan saat bercermin juga meminta perlindungan kepada Allah SWT agar dapat menjaga akhlak yang baik.

BACA JUGA:Baca Ini! Kumpulan Doa Ketika Turun Hujan Lengkap Beserta Artinya

Perlu diketahui, ada kalanya bercermin justru menimbulkan kemudharatan. Terlebih jika saat bercermin muncul sifat ujub dan riya, hingga kesombongan yang tentunya tidak disukai Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sifat ujub dan sombong tersebut bisa muncul saat bercermin karena merasa wajahnya sangat cantik atau tampan sehingga membandingkan dengan orang lain yang dianggap kurang menarik.

Meski begitu, bercermin juga bisa mendatangkan kebaikan karena semua tergantung pada niatnya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: