Daftar Aplikasi Yang Dapat Cek BI Checking Online

Daftar Aplikasi Yang Dapat Cek BI Checking Online

JAKARTA, RADARPENA -  Bagi yang akrab dengan ‘BI Checking’ saat ini pengecekan tersebut berganti menjadi SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK. Anda bisa cek melalui cek skor kredit pinjaman secara mandiri melalui beberapa aplikasi atau website. 

Adapun platform tersebut termasuk IDScore.id, cekaja.com, dan Skor Life, masyarakat juga bisa mengecek riwayat kredit di platform pengganti BI Checking.

Untuk diketahui, jika dulu bernama BI Checking dan dikelola oleh Bank Indonesia (BI), kini platform pengecekan tersebut berganti menjadi SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK.

BACA JUGA:Cara Memperoleh SLIK, Dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Beberapa waktu yang lalu, OJK telah melakukan peluncuran situs idebku.ojk.go.id. Dengan layanan tersebut, memudahkan akses informasi debitur dan terintegrasi antara Kantor Pusat dan Kantor Regional dalam satu wadah.

Berikut ketiga aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk cek skor kredit:

1. IDScore.id

IdScore memiliki platform yang memungkinkan Anda mengecek riwayat kredit, skor kredit, serta menjadi gambaran kelayakan kredit, bertajuk MyIdScore. Untuk mengaksesnya, Anda bisa mengunjungi website www.idscore.id. Platform ini dimiliki oleh PEFINDO Biro Kredit yang merupakan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) atau dikenal juga sebagai Biro Kredit Swasta.

BACA JUGA:Cek Daftar Aplikasi Kredit Online Yang Terdaftar Dan Berizin Resmi OJK, Salah Satunya Danamas

PEFINDO Biro Kredit didirikan atas prakarsa PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). Dalam menjalankan kegiatan usahanya, PEFINDO Biro Kredit menghimpun data kredit dari lembaga keuangan dan data non-kredit dari beberapa instansi publik serta lembaga yang telah bekerja sama untuk menjadi sumber data. Data tersebut kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk informasi yang komprehensif dan bernilai tambah.

2. Cekaja.com

Sama seperti IDScore, ini cek aja merupakan platform berbasis website. Anda bisa mengunjungi laman cekaja.com untuk cek skor kredit. Saat Sudah di halaman utama, Anda akan melihat tombol di tengah sebelah kiri bertuliskan “Cek Score Anda”, klik, dan Anda akan dibawa ke halaman lain dengan pilihan Mulai, dan Saya Sudah Memiliki Skor.

Untuk membantu mengaktifkan skor kredit Anda, Mereka akan menanyakan beberapa pertanyaan. Anda hanya perlu mengisi form yang disediakan. Total ada 4 langkah yang Anda harus isi. Halaman pertama berisi data pribadi seperti nama, tanggal lahir, status pernikahan, dan jumlah tanggungan. Jika sudah, Anda bisa klik Lanjut, di kiri bawah untuk melakukan tahap selanjutnya.

BACA JUGA:Kinerja Makin Moncer, OJK Terus Dukung Hijra Bank Lanjut Terapkan Transformasi Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: