Kayu Gaharu, Bernilai Ekonomi Tinggi dan Banyak Manfaatnya

Kayu Gaharu, Bernilai Ekonomi Tinggi dan Banyak Manfaatnya

BACA JUGA:Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

3. Produk Kosmetik

Minyak gaharu sering digunakan dalam produk kosmetik seperti sabun, losion, minyak wajah, dan parfum berbasis minyak. Minyak gaharu diklaim memiliki sifat anti-aging dan dapat membantu menghaluskan kulit.

4. Penggunaan Religius dan Spiritual

Kayu gaharu memiliki makna dan penggunaan spiritual dalam beberapa budaya. Di beberapa agama, gaharu digunakan dalam upacara keagamaan, meditasi, dan pengorbanan sebagai simbol spiritualitas dan pemurnian.

5. Rokok Gaharu

Gaharu juga digunakan dalam pembuatan rokok gaharu, yang populer di beberapa negara. Rokok gaharu memiliki aroma yang khas dan digunakan dalam upacara, perayaan, atau sebagai sumber relaksasi.

BACA JUGA:Menyelami Manfaat Gula Aren yang Manis dan Sehat

6. Ukiran dan Kerajinan

Kayu gaharu yang berwarna indah dan keras juga digunakan dalam seni ukir dan kerajinan tangan. Potongan kayu gaharu digunakan untuk membuat perhiasan, patung, kotak ukiran, dan barang-barang dekoratif lainnya.

Harga Kayu Gaharu

Harga kayu gaharu baik yang mentah atau sudah diolah lumayan tinggi. Satu gelondongan kayu yang belum diolah biasaya dihargai Rp150.000 per kilogram, sedangkan yang sudah diolah harganya menjadi Rp400.000 per kilogram.

Semakin tinggi kualitasnya, semakin tinggi pula harga kayu gaharu. Bahkan tercatat sepotong kayu gaharu pernah terjual dengan harga jutaan.

BACA JUGA:Manfaat Meminum Kopi Dalam Keseharian Bagi Kesehatan Wanita

Untuk memenuhi permintaan akan kayu gaharu yang tinggi, budidaya pohon Aquilaria dilakukan secara komersial. Metode budidaya melibatkan penyuntikan patogen ke dalam pohon untuk merangsang produksi minyak gaharu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: