Ketahui! Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Baik Untuk Ibu Hamil

Ketahui! Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Baik Untuk Ibu Hamil

JAKARTA, RADARPENA - Jenis tanaman umbi - umbian ini selain bisa diolah menjadi bahan makanan yaitu singkongnya, juga bermanfaat baik untuk tubuh.

Singkong yang biasa menjadi santapan masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi yang mudah ditemukan di wilayah Indonesia.

Singkong termasuk sumber kalori nomor tiga setelah padi dan jagung. Selain singkongnya, daunnya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Sejak dahulu, daun singkong sudah menjadi obat tradisional yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan bisa mencegah berbagai macam penyakit.

BACA JUGA:Manfaat Akar Pohon Kelapa Bagi Kesehatan Manusia Dan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kandungan gizi yang terdapat dalam daun singkong yaitu diantaranya seperti, magnesium, mineral, fosfor, kalium, kalsium, vitamin b1 b2 dan c, dan karotenoid.

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, manfaat daun singkong untuk tubuh kita :

1. Bisa mengobati diare

Manfaat daun singkong yang pertama yaitu dapat mengobati sakit diare, karena daung singkong terdapat kandungan etanol yang bersifat antidiare.

Berdasarkan penelitian dari hasil studi dari Journal of Ayurveda and Integrative Medicine yang melalui satu penelitian terhadap hewan.

BACA JUGA:Kayu Gaharu, Bernilai Ekonomi Tinggi dan Banyak Manfaatnya

Hewan yang mengalami permasalahan diare diberikan ekstraknya yang mengandung etanol.

Hasil dari penelitian tersebut, aktivitas antidiare mampu mengurangi akumulasi cairan usus dan motilitas gastrointestinal.

Cara penggunaanya yaitu dengan merebus 7 lembar daun singkong dengan 4 gelas air dan diminum dua kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: