Menyantap Sambal Seruit, Olahan Khas dari Lampung

Menyantap Sambal Seruit, Olahan Khas dari Lampung

JAKARTA, RADARPENA - Orang lampung atau ulun lappung mengenal sambal yang berasal dari Provinsi Lampung ini diberi nama sambal seruit. Seruit ini rasanya sangat nikmat, lebih-lebih jika disantap bersama-sama dengan anggota keluarga. Lalapan yang biasanya ada menemani sambal seruit seperti mentimun, daun kemangi, atau rebusan-rebusan daun singkong.

Bagi sebagian orang lappung menyantap sambal seruit akan terasa lebih nikmat jika dimakan bersamaan dengan   buah berbau khas dikenal dengan nama Jaling atau bisa juga jengkol maupun petai.  Tetapi banyak juga yang tidak menyukainya. Jaling adalah buah yang berbentuk empat persegi, sedikit membulat berwarna hitam atau coklat. Biasanya memakan jaling dalam bentuk masih mentah.

Memakan buah jaling, tidak boleh terlalu banyak, karena akan menimbulkan bau pesing yang cukup menyengat di air seni. selain itu jika terlalu banyak  dapat membahayakan bagi kesehatan, serta menimbulkan bau mulut yang menyengat.

BACA JUGA:Tips Untuk Mengatasi Makanan Yang Keasinan Dijamin Masih Enak Untuk Disantap, Simak Rangkumannya

Masyarakat Lampung kerap membuat seruit jika sedang ada hajatan atau menjamu anggota keluarga yang datang dari jauh. Menikmati sambal seruit biasanya secara lesehan dan memanjang duduk ditikar sesuai bentuk ruangan yang ada. Sambal seruit Lampung sangat khas karena menambahkan Terong Cina atau Terong Ungu yang berbentuk bulat panjang.

Terlebih dulu terongnya dibakar sampai mengeluarkan minyak dan kulitnya berubah menjadi gosong. Jika seperti itu menandakan terung telah masak, dan siap dicampurkan ke dalam sambal seruit

Seruit dasarnya adalah sambal tomat terasi, yang sudah diulek atau digiling lebih dulu. Hanya saat dimakan, biasanya diencerkan sedikit dengan mencampurkan sedikit air. Setelah itu ditambah campuran lain seperti uyah (garam, red) dan penyedap rasa.

BACA JUGA:Resep Ikan Bakar Padang Yang Menggugah Selera Makanmu, Simak Yuk Cara Buatnya!

Lalu dimasukkan terong bakar, serta ikan bakar atau ikan goreng (ikan Baung,  tempe dan tahu, bisa tambah tempoyak atau buah mangga. Bisa juga ikan teri, atau terkadang telur rebus sesuai selera. Kadang-kadang rendaman air nanas.

Sambal seruit  khas makanan ulun lappung ini memiliki varian lain yang diberi nama sambal picit. Sambal picit ini membuatnya lebih praktis.

Cara membuat sambal picit sama sekali berbeda dengan sambal tomat. Membuat sambal picit, mula-mulai cabai merah yang sudah dicuci bersih lalu diiris-iris. Kemudian siapkan piring lalu masukkan setengah gelas air. Tuangkan cabai yang telah diris, kemudian masukkan tomat yang sudah dbelah-belah dan dicuci bersih.

BACA JUGA:Menu Resep Rawon Kuah Hitam Yang Nimakt Dan Lezat, Cocok Untuk Disajikan Saat Kumpul Keluarga

Tahap berikutnya  Cabai dan tomat ditekan-tekan atau dipicit-picit  menggunakan jari-jari tangan atau dengan menggunakan sendok dari stenlis. Setelah itu masukkan penyedap rasa, garam (uyah) , kemudian potongan terasi yang sudah dibakar.

Varian sambal picit ini dapat pula ditambahkan makanan lain seperti ikan goreng, atau ikan bakar, tahu, tempe dan jangan lupa ini yang menjadi khas dari seruit Lampung adalah terong bakar. Terung yang dipakai adalah terong Ungu atau sering disebut juga dengan nama Terong Cina (Solangum Melongena). (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: