Apa Itu Hari Tasyrik? Makna Serta Amalan yang Harus Dilakukan

Apa Itu Hari Tasyrik? Makna Serta Amalan yang Harus Dilakukan

BACA JUGA:Perubahan Cuti Bersama Idul Adha 2023 Lewat SKB 3 Menteri

Dengan demikian diharamkan berpuasa pada hari-hari tersebut (11, 12, 13 Dzulhijjah) karena masih satu rangkaian dengan hari raya Idul Adha, dan ditegaskan pula bahwa hari-hari tersebut adalah hari-hari makan dan minum, berbagi daging kurban, memasak daging diolah menjadi makanan lezat.

Sebagian ulama berbeda pendapat perihal larangan puasa di Hari Tasyrik. Imam Syafi'i dalam qaul jadid-nya mengatakan larangan puasa pada Hari Tasyrik sebagaimana larangan puasa pada yaumus syak.

Dalam sebuah riwayat disebutkan,

عَنْ عَائِشَةَ وَعَنْ سَالِمٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ قَالَا لَمْ يُرَخَّصْ فِي أَيَّامِ التَّشْرِيقِ أَنْ يُصَمْنَ إِلَّا لِمَنْ لَمْ يَجِدْ الْهَدْيَ

Artinya: Diriwayatkan dari Aisyah dan dari Salim dari Ibn Umar, keduanya berkata, tidak diberi keringanan di hari tasyriq untuk berpuasa kecuali jika tidak didapati hewan sembelihan (hadyu). (HR. Bukhari. 1859)

Dari hadis tersebut dapat dipahami bahwa berpuasa di Hari Tasyrik hanya diperbolehkan jika tidak didapati hewan kurban yang disembelih.

BACA JUGA:Jelang Iduladha, DKPP Kota Bandung Telah Vaksin 1.369 Hewan Kurban

Amalan yang Dianjurkan di Hari Tasyrik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika di hari lain puasa hukumnya sunnah atau bahkan wajib jika di bulan Ramadhan, jika pada Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik, puasa justru diharapkan. Meski demikian, ada amalan lain yang justru dianjurkan untuk dilaksanakan di Hari Tasyrik.

Bahkan Hari Tasyrik merupakan hari yang memiliki banyak keutamaan untuk mengerjakan amal ibadah, kecuali puasa. Imam Bukhari mengutip hadits keutamaan Hari Tasyrik sebagai waktu istimewa untuk ibadah yang diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas ra.:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَّ أَنَّهُ قَالَ مَا الْعَمَلُ فِي أَيَّامٍ أَفْضَلَ مِنْهَا فِي هَذِهِ

Artinya: “Dari sahabat Ibnu Abbas ra., dari Nabi Muhammad saw, ia bersabda, ‘Tidak ada amal pada hari-hari ini yang lebih utama daripadanya di hari-hari ini,” (HR Bukhari).

BACA JUGA:DKPP Kota Bekasi Lakukan Persiapan Pengawasan Hewan Kurban, Antisipasi PMK dan Virus LSD Jelang Idul Adha

Adapun berikut ini merupakan ibadah yang dianjurkan di hari tasyrik yaitu:

  1. Memperbanyak berzikir kepada Allah, baik dengan membaca istighfar, tasbih, tahmid, tahlil dan lainnya.
  2. Selanjutnya, memperbanyak berdoa mohon kebaikan dunia dan kebaikan akhirat.
  3. Menyembelih hewan kurban. Selain di Hari Raya Idul Adha, waktu untuk berkurban adalah hari-hari Tasyrik. Jika tidak sempat untuk berkurban di hari Idul Adha, maka dianjurkan menyembelih hewan kurban di hari-hari Tasyrik.
  4. Makan dan minum. Di hari-hari Tasyrik, kita dilarang untuk berpuasa.
  5. Takbiran setelah melaksanakan salat wajib lima waktu. Setelah selesai melaksanakan shalat lima waktu, maka dianjurkan membaca takbir, sebagaimana takbir di hari Idul Adha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: