Daur Ulang Sampah Yang Dapat Menghasilkan Pundi-Pundi Rupiah

Daur Ulang Sampah Yang Dapat Menghasilkan Pundi-Pundi Rupiah

JAKARTA, RADARPENA -  Jika kamu memiliki sampah atau banyak barang bekas tidak terpakai, sebaiknya pikir dua kali untuk benar-benar membuangnya.

Kamu bisa daur ulang barang bekas tersebut jadi kerajinan yang unik dan memiliki nilai lebih tinggi. 

Seperti kertas bekas, koran, kardus, botol plastik, botol kaca, kaleng, CD bekas, karet, Make up, dan bahkan tali tambang. Barang-barang ini bisa kamu sulap jadi kerajinan menarik lho. 

Apalagi mendapatkan uang tunai dari hasil sampah yang tidak digunakan. Mulai dari sampah botol plastik hingga gulungan tisu toilet dapat dijadikan uang.

BACA JUGA:Pemkot Bandung Belajar ke Banyumas Soal Pengelolaan Sampah

Selain sampah yang ada di rumah berkurang, rumah Anda juga dapat terlihat lebih rapi dengan berkurangnya barang-barang yang tidak Anda butuhkan dan inginkan lagi.

Lebih luas, dampak positif dari daur ulang ini dapat jadi sikap bijakmu menjaga lingkungan. Jadi, selain menuangkan ide kreatif, mendaur ulang barang bekas jadi kerajinan juga menunjukan kepedulian kamu pada lingkungan.

Kerajinan dari Barang Bekas Berikut ini beberapa ide kreasi kerajinan dari barang bekas yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuatnya: 

BACA JUGA:Jadikan Kota Nol Sampah, 1.568 RW di Kota Bandung Siap Terapkan Kang Pisman

1. Kerajinan Botol Kaca 

Dari mengubah botol kaca bekas kamu dapat membuat lampu hias, vas bunga, atau tempat lilin dengan cara melukis, melapisi dengan benang, atau menggabungkannya dengan beberapa botol lainnya. Kerajinan dari barang bekas ini bisa jadi peluang bisnis yang bagus. 

2. Kerajinan CD Bekas 

CD bekas yang sudah tidak terpakai dapat dibuat menjadi hiasan dinding, cermin, atau aksesori seperti gelang atau anting-anting yang unik. Nah, kamu bisa menghiasnya dengan melukis, melapisi dengan kain, atau menggabungkan beberapa CD yang lebih banyak.

3. Kerajinan Botol Plastik 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: