Penggunaan Aplikasi JKN Mobile di Bengkulu, Terus di Intensifkan

Penggunaan Aplikasi JKN Mobile di Bengkulu, Terus di Intensifkan

JAKARTA, RADARPENA-Penggunaan Aplikasi JKN Mobile kini tengah diintensifkan pemakaiannya. Seperti halnya di Puskesmas Muara BangkaHulu Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. Disana masyarakat atau pasien berduyun-duyun mendaftar

Staf Promkes Puskesmas Muara BangkaHulu Kota Bengkulu Winni Anggraini mengatakan mendaftar BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan online lewat Aplikasi Mobile di Smartphone. Ini adalah kecanggihan era sekarang. Penggunaan aplikasi ini merupakan komitmen dari BPJS Kesehatan untuk  memberikan pelayanan akses berobat yang lebih cepat praktis, nggak ribet dan bertele-tele.

’’Nama aplikasinya adalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Mobile yang dapat didownload di HP Android maupun Iphone  di Playstore atau Appstore", jelasnya kepada kontributor RADARPENA.

BACA JUGA:Rivew Spesifikasi dan Harga Gitar Yamaha C315

Setiap Puskesmas sebagai Faskes tingkat pertama memiliki minimal 1 atau dua orang paramedis yang bertugas dan dapat membantu masyarakat terutama kalangan bawah yang belum terlalu mengenal aplikasi ini. Mereka akan dibantu secara cuma-cuma untuk  mendaftar. Tujuannya tak lain agar program penggunaan aplikasi JKN Mobile bisa menyeluruh sampai ke setiap warga negara

Menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Cukup siapkan nomor handphone baru dari operator apa saja. Nomor yang digunakan belum pernah terdaftar d JKN mobile. Kemudian siapkan email bisa gmail.com maupun yahoo.com. Email haruslah juga belum pernah juga digunakan untuk  mendaftar ke BPJS Online.

Kemudian siapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor peserta BPJS-nya. Jangan lupa siapkan pulsa minimal Rp 2.000 yang gunanya untuk biaya pengiriman nomor OTP atau kode yang sifatnya rahasia untuk  keperluan mendaftar ke akun peserta.

BACA JUGA:Cara Daftar BPJS Kesehatan Online, Gratis

Setelah semuanya disiapkan tahapan selanjutnya adalah melakukan proses pendaftaran. Jangan lupa siapkan password yang mudah untuk  diingat sebagai kunci untuk  masuk ke akun JKN mobile yang telah terdaftar. Setelah masuk ke menu daftar lalu klik setuju. Jika proses ini selesai, di layar akan terlihat menu-menu.

‘’Peserta tinggal mengikuti saja alur-alur perintah saat mendaftarkan peserta, ‘’bebernya

Perlu diingat JKN mobil bukan untuk perorangan. Satu akun JKN Mobile bisa memuat satu keluarga yang tercatat sebagai peserta. Baik ayah, ibu maupun anak-anaknya.  Aplikasi dirancang sangat gampang digunakan dan praktis.

Aplikasi JKN Mobile ini gunanya sangat membantu peserta BPJS Kesehatan untuk  berobat. Mulai dari mendaftar ke faskes tingkat pertama atau lanjutan (Rumah Sakit Rujukan) semua bisa dilakukan menggunakan aplikasi.

BACA JUGA:Prediksi Skor Fiorentina Vs West Ham di Final Liga Conference League, Head to Head serta Susunan Pemain

Memindahkan Tempat Faskes, karena pindah domisili atau karena sebab lain. Termasuk layanan mengadu. ID Kartu kepesertaan dan  lain-lain. Setelah mendaftar peserta bisa menentukan sendiri tanggal dan hari apa akan berobat, serta langsung menerima nomor antri, termasuk jika akan merujuk ke faskes rujukan.

Kemudahan ini karena fitur-fitur aplikasi JKN Mobile sangat canggih. peserta yang berobat tinggal melakukan proses check in saja ke faskes yang dituju saat hari dan tanggal berobat tiba. Bagaimana sangat praktis dan mudah bukan.*** (iaa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: