Cara Mengatasi Token Listrik yang Gagal Input Terus, Ini Solusinya

Cara Mengatasi Token Listrik yang Gagal Input Terus, Ini Solusinya

JAKARTA, RADARPENA - Gagal input nomor teoken listrik adalah salah satu problem yang sering dihadapi oleh pengguna listrik prabayar.

Walau terdenganr sepele, namun akan terjadi masalah ketika Anda sedang memerlukan pasokan listrik di rumah, sedangkan Anda selalu gagal memasukkan nomor token ke Meteran Prabayar (MPB).

Seperti diketahui, token listrik prabayar dapat dibeli lewat mini market, e-commerce, loket PLN, atau konter pulsa yang menyediakan layanan pembeluan pulsa listrik PLN.

Jumlah pulsa listrik yang dapat dibeli mulai dari Rp20 ribu, Rp50 ribu, lalu Rp100 ribu, hingga Rp500 ribu sampai Rp1 juta.

BACA JUGA:Plh Wali Kota Minta Kepala OPD Tinggalkan Kantor, Ini Alasannya

Sebagian pengguna listrik, sangat terbantu dengan adanya sistem listrik prabayar ini. Pasalnya, penguna bisa mengontrol pembelian dan penggunaan listrik setiap harinya.

Namun, sistem listrik prabayar ini juga terdapat kekuarangan, yaitu pengguna gagal input token listrik yang sudah dibeli ke MPB.

Apakah penyebabnya? Yuk, ikuti cara mengatasinya.

Beberapa pengguna yang menggunakan sistem token mungkin pernah mengalami gagal menginput token listrik. Lantas, apa penyebabnya? Berikut penjelasannya:

  1. Server PLN Error
    Penyebab token gagal di-input yaitu gangguan pada server utama PLN. Jika terjadi seperti ini, Anda hanya bisa menunggu sampai perbaikan selesai, kemudian silahkan dicoba memasukkan nomor token kembali.

    BACA JUGA:Mengenal GB WhatsApp v18.00, Perbedaannya Dengan Versi Resmi, dan Cara Instalasinya

    Pastikan terlebih dahulu ID pelanggan yang anda masukkan pada saat pembelian sudah benar. Apabila salah dalam pembelian, kemungkinan token tidak dapat dipakai kembali.
  2. Terblokir Akibat Salah Memasukkan Nomor Token Berkali-kali

    Sebaiknya berhati-hati dalam mengetikkan nomer token listrik, sebab jika token measukkan dengan salah sebanyak tiga kali maka meteran akan terblokir secara otomatis.
  3. Token Listrik Kadaluarsa

    Pengisian token listrik memiliki batas waktu batasan satu bulan. Apabila melewati batas waktu pengisian, maka token listrik akan gagal dimasukkan.

    BACA JUGA:Yuk Intip Cara Ini Agar Anak Cepat Tidur, Baik Untuk Kesehatan Dan Kondisi Anak
  4. Meteran Bermasalah

    Tanda apabila meteran di rumah Anda bermasalah dapat dilihat dari tulisan atau ikon yang muncul di layar. Jika terdapat gambar tangan, tulisan Blocked, atau mati, maka silahkan hubungi petugas PLN.
  5. Instalasi Listik yang Buruk

    Gagal input juga disebabkan karena instalasi listrik di rumah Anda tidak tepat atau buruk. Hal ini dapat membahayakan, karena instalasi yang buruk dapat menyebabkan korsleting hingga kebakaran.

    Apabila mengetahui hal ini, sebaiknya hubungi petugas PLN agar segera ditangani

BACA JUGA:Cara Membuat Bisnis Online Dengan Sukses Untuk Pemula

Cara Mengisi Token yang Baik dan Benar

Agar tidak terjadi gagal input, sebaiknya sebelum melakukan segala sesuatu berdoa terlebih dahulu agar pikiran tenang.

Ketika token gagal masuk untuk pertama kali, cobalah cara-cara dibawah ini agar tidak terjadi pemblokiran karena salah tiga kali input.

  • Tekan 00 + enter pada meteran listrik, tujuannya untuk me-reset meteran apabila terdapat kesalahan pada input sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga meteran selesai mereset.
  • Setelah selesai, masukkan kembali nomor token PLN ke meteran. Periksa kembali digit angka token yang dimasukkan ke meteran sudah sesuai dengan yang kamu beli.
  • Jika dua kali dicoba dan dicek masih juga gagal input token listrik, Anda perlu menghubungi Contact Center PLN ke nomor 123 atau (kode area) 123.
  • Sedangkan jika pengisian berhasil maka token akan langsung masuk.

BACA JUGA:Sunnah Salat Jumat, Salah Satunya Mengenakan Pakaian Warna Putih , Ungkap Rahasianya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: