Yuk Intip, 5 Khasiat Daun Sirih, Bisa Mengobati Luka Juga

Yuk Intip,  5 Khasiat Daun Sirih, Bisa Mengobati Luka Juga

JAKARTA, RADARPENA-Daun sirih atau nama latinnya Piper Betle Linn sudah lama dikenal nenek moyang bangsa Indonesia. Terbukti, daun ini sejak dulu menjadi salah satu sajian untuk menyambut tamu yang dikenal dengan sebutan sekapur sirih.

Tidak jelas sejak kapan penggunaan daun sirih dipakai sebagai sajian adat untuk menyambut tamu agung. Hanya saja kebudayaan Melayu yang merata di Pulau Sumatera banyak memakai daun ini sebagai makanan pembuka atau menyambut tamu yang datang.

Daun sirih jenisnya bermacam-macam ada yang hijau ada yang merah. Tetapi, tahukah anda rupanya daun sirih memiliki khasiat pengobatan yang ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit lho.

BACA JUGA:Diduga Sopir Ngantuk, Mobil yang Ditumpangi Fiersa Besari Nyaris Masuk Jurang

Kandungan antiseptik dan senyawa kimia berguna lain membuat daun ini memiliki khasiat obat. Berikut empat khasiat daun sirih yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Obat mata

Mata yang perih karena terlalu lelah atau terkena debu berakibat mata memerah, bisa diobati dengan menggunakan daun ini.

Cara memakainya sangat mudah, ambil beberapa helai daun sirih. Kemudian dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu daun dirajang atau dipotong kecil-kecil dengan menggunakan pisau atau tangan.

BACA JUGA:Plt. Wali Kota Bekasi Harap Banser Jaga dan Tumbuhkan Jiwa NKRI

Kemudian daun yang sudah menjadi bagian kecil-kecil tadi dimasukkan ke dalam air bersih hangat dan  matang diatas piring atau cawan yang lebar.

Langkah berikutnya kelilipkan kedua mata ke arah rendaman daun sirih berulang-ulang sampai terasa agak sedikit perih. Rasa perih yang dialami merupakan khasiat daun siri sedang bekerja.

2. Obat Bagian Intim Wanita

Wanita yang belum mengalami Menopouse biasanya bisa saja terserang penyakit keputihan yang dapat menimbulkan rasa gatal dibagian organ vitalnya. Peran daun sirih sebagai obat bisa dipergunakan.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha 2023, Disketapang Kota Bekasi dan DMI gelar Pelatihan Manajemen Qurban dan Fiqih Sembelih

Caranya hampir mirip seperti saat mengobati mata perih, hanya saja untuk yang ini dipakai untuk membersihkan organ intim (dicebok, red). Kandungan antiseptik daun sirih mampu mengusir kuman-kuman yang mungkin saja bersarang dibagian intim wanita. Selain itu daun sirih bisa menimbulkan efek harum.

3. Menguatkan Gigi sekaligus pembersih mulut

Jika kita bermain ke kawasan pedesaan, terkadang kita akan menjumpai orang tua (nenek-nenek) yang mengunyah daun sirih. Biasanya daun itu dicampur pinang dan sedikit kapur.

Ternyata dampak mengunyah daun sirih, yang biasa disebut, “menyirih” berkhasiat dapat menguatkan gigi sehingga tidak mudah copot. Tak itu saja manfaat lainnya adalah membersihkan mulut dari kuman-kuman yang bersarang dimulut

BACA JUGA:Pemain Temperamental Zlatan Ibrahimovic Gantung Sepatu

4. Obat Diabetes atau Kencing Manis

Jika anda mengalami penyakit diabetes atau kencing manis daun sirih merah dipergunakan sebagai obat.

Cara penggunaanya ambil beberapa helai daun yang sudah dicuci bersih. Setelah itu direbus sampai mendidih  dengan takaran dua gelas rebusan menjadi satu gelas. Jangan lupa ambil sedikit batangnya bersama-sama direbus dengan daun dan diminum setiap hari 2x sehari satu gelas.

5. Mengobati luka

Luka akibat terbakar maupun karena terkena benda tajam, bisa diobati dengan daun sirih.

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Celta Vigo Vs Barcelona di Liga Spanyol, Head To Head serta Susunan Pemain

Caranya daun dicuci bersih terlebih dahulu, selanjutnya ditumbuk halus serta campur sedikit madu dan dioleskan atau dikat dengan perban kebagian yang luka secukupnya.

Demikian sepenggal mengenai khasiat daun sirih. Selamat mencoba semoga bermanfaat.***(iaa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: