Apa Itu Celebral Palsy?, Berikut Adalah Pengertian dan Penyebab Celebral Palsy

Apa Itu Celebral Palsy?, Berikut Adalah Pengertian dan Penyebab Celebral Palsy

JAKARTA, RADAR PENA - Pernahkah kamu mendengar penyakit Celebral Palsy?. Penyakit yang dapat menyebabkan gangguan pada otot dan koordinasi tubuh. Celebral Palsy adalah penyakit yang dapat menyebabkan gangguan otot, koordinasi tubuh dan gerak. Kondisi yang disebabkan oleh Celebral Palsy ini biasanya terjadi pada saat masa-masa kehamilan, proses persalinan dan pada saat tahun pertama setelah kelahiran. 

Gejala penyakit Celebral Palsy ini sangat beragam. Ditingkat terparah, Celebral Palsy ini dapat menyebabkan kelumpuhan. Penderita penyakit ini mungkin membutuhkan peralatan khusus untuk beraktivitas.

Selain itu, Celebral Palsy ini juga dapat menyebabkan penderita tidak bisa berjalan sehingga perlu perawatan seumur hidupnya. 

Penting diketahui bahwa kerusakan otak yang disebabkan oleh Celebral Palsy ini bersifat permanen serta tidak bisa disembuhkan. Akan tetapi, ada perawatan yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan fungsi saraf. 

Penyakit Celebral Palsy ini tidak akan bertambah buruk, akan tetapi beberapa gejala Celebral Palsy ini dapat berubah seiring waktu.

Penyebab penyakit Celebral Palsy

Penyakit Celebral Palsy disebabkan oleh gangguan perkembangan otak anak. Celebral Palsy menyebabkan gangguan pergerakan dan postur tubuh. Kondisi ini juga dapat menimbulkan gangguan kecerdasan.

Belum diketahui secara pasti penyebab gangguan tersebut yang diakibatkan Celebral Palsy. Kondisi tersebut diduga dipicu oleh sejumlah faktor.

Faktor tersebut diantaranya:

1. Gangguan pada masa kehamilan

2. Gangguan pasca persalinan

Risiko Celebral Palsy

Terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko anak terkena Celebral Palsy:

1. Kelahiran bayi kembar dua ataupun lebih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: