Cara Melakukan Engine Brake Mobil Matic, Jurus Jitu Menaklukkan Turunan

Senin 21-10-2024,13:30 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menarik untuk disimak, ternyata bukan hanya berlaku untuk mobil manual saja, namun mobil dengan transmisi matic juga bisa melakukan engine brake asal dengan cara yang tepat.

Penasaran dengan cara engine brake di mobil matic? yuk simak Bersama dalam ulasan artikel ini.

Mungkin banyak pengendara yang merasa khawatir saat menghadapi jalanan menurun yang Panjang atau mungkin terjal dengan mobil matic.

Banyak juga pengendara mobil matic yang tidak tahu atau ragu untuk menggunakan engine brake.

BACA JUGA:Ini Alasan Dilarang Menarik Mobil Matic saat Mogok, Begini Aturannya yang Benar

BACA JUGA:Awas Mode Manual Mobil Matic Bisa Merusak Transmisi dan Mesin, Begini Penjelasannya

Padahal jika Anda mengetahui caranya yang benar, hal ini bisa sangat berguna untuk membantu mengurangi beban kerja pada rem dan menjaga keselamatan Anda serta penumpang.

Bagi yang belum tahu, apa itu engine brake? Engine brake adalah teknik pengereman yang memanfaatkan mesin mobil untuk membantu memperlambat laju kendaraan. 

Saat Anda menurunkan gigi transmisi, mesin akan bekerja lebih keras melawan putaran roda, sehingga kendaraan melambat secara alami.

Pada jalan menurun yang panjang, rem bisa sangat panas jika hanya mengandalkan pedal rem. Engine brake membantu meredam kecepatan kendaraan sehingga rem tidak terlalu bekerja keras dan mencegah overheat pada rem.

Dengan menggunakan engine brake, Anda memiliki kontrol yang lebih baik terhadap kecepatan kendaraan, terutama saat menghadapi jalan menurun yang curam. Karena beban kerja rem berkurang, kampas rem pun akan lebih awet.

Lantas bagaimana cara melakukan engine brake yang benar pada mobil matic? berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ketahui.

Cara menggunakan engine brake di mobil matic:

1. Kenali Transmisi Mobil Anda

Setiap mobil matic memiliki posisi gigi yang berbeda-beda. Biasanya, posisi L (Low) atau angka 2 atau 1 digunakan untuk mengaktifkan engine brake.

Kategori :