Peringatan Dini BMKG: 16 Wilayah Indonesia Ini Terancam Fenomena La Nina Oktober 2024, Waspada Hujan Lebat!

Senin 07-10-2024,06:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi fenomena La Nina dalam Waktu dekat akan menghantam sejumlah wilayah di Indonesia pada Oktober 2024.

Peringatan dini ini dikabarkan oleh BMKG usai mendapat laporan Analisa Dinamika Atmosfer Dasarian III pada September 2024 lalu.

Dari hasil analisis tersebut, BMKG melaporkan bahwa fenomena La Nina akan cenderung mengalami kondisi basah. Dan kondisi basah ini akan mengancam 16 wilayah di Indonesia.

Maka dari itu, kemungkinan 16 wilayah tersebut akan mengalami musim hujan dengan inensitas tinggi terjadi pada bulan Oktober 2024 dan bahkan terjadi hingga November 2024.

Foto:Prediksi musim hujan 2024/2025-BMKG

BACA JUGA:Hadapi Potensi Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Lakukan Ini

BACA JUGA:El Nino Berstatus Netral, BMKG Ingatkan Waspada Iklim La Nina Segera Muncul di Indonesia

Sebagaimana diketahui, fenomena La Nina merupakan kejadian secara periodic di Samudera Pasifik, yang menyebabkan suhu muka laut akan mengalami penurunan. Maka dari itu, Udara akan lebih rendah sehingga menyebabkan cuaca dingin dibandingkan pada suhu normal.

Di Indonesia, fenomenan La Nina sendiri bisa menyebabkan potensi cuaca ekstrem yakni cuaca hujan dengan intensitas yang tinggi. Sehingga bisa berdampak pada bencana alam seperti banjir dan longsor, serta suhu Udara yang lebih rendah pada Waktu siang hari.

Adapun suhu rata-rata permuakaan diprediksi sekitar 25 sampai 30 derajat celcicus pada Dasarian III di bulan Oktober ini.

Sementara itu, pada suhu minimum yang bisa terjadi berkisar pada 22 sampai 28 derjat celcius dengan maksimum 29 sampai 35 derajat celcius pada permukaan.

BACA JUGA:Waspada! Ini Daftar Wilayah Terdampak Badai La Nina pada Bulan Juni hingga November 2024

BACA JUGA:El Nino Berakhir La Nina Muncul Juni 2024, BMKG Ungkap Dampaknya Bagi Indoensia

Prediksi Fenomena La Nina Oktober 2024

Kategori :