Fasilitasi Wirausaha untuk Perluas Bisnis, KemenKopUKM Gelar Stakeholder Meetup

Jumat 04-10-2024,09:00 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dalam upaya menciptakan ekosistem bisnis yang inklusif bagi wirausaha di tanah air, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menggelar kegiatan Stakeholder Meetup sebagai rangkaian tahapan dalam Program Entrepreneur Development (Entredev). 

Diikuti oleh 90 peserta Entreprenuer Development (Entredev) dari 17 provinsi, kegiatan ini menjadi ajang bagi pelaku wirausaha untuk berkonsultasi, berkolaborasi dan berjejaring bisnis dengan Stakeholders terkait.

Menurut keterangan Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM, Bastian, peserta yang dipilih akan mengikuti tahapan Stakeholder Meetup dan kurang lebih 60 Stakeholders dari Kementerian/Lembaga, Asosiasi Bisnis dan Pelaku Bisnis di berbagai bidang usaha, yang diharapkan mampu membuka akses pengembangan bisnis secara berkelanjutan dan membantu akselerasi pertumbuhan usaha.

BACA JUGA:Dukung UMKM Perempuan Disabilitas, DANA Hadirkan Edukasi Kewirausahaan dan Sosialisasi Soundbox

BACA JUGA:Kampiun Baru! Berikut Daftar Pemenang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023

"Peserta diharapkan dapat terhubung dengan ekosistem bisnis sesuai dengan kebutuhan, baik dari aspek pembiayaan, pengembangan produk dan SDG’s, pemasaran, perluasan pasar, legalitas, hingga sertifikasi dan ekspor," ujar Bastian dalam keterangan resminya pada Kamis 3 Oktober 2024.

Melanjutkan, Bastian juga menyatakan bahwa kegiatan ini digelar dengan harapan agar kegiatan ini mampu menciptakan ekosistem kewirausahaan yang inklusif dan berkelanjutan menjadi kunci, ditambah dengan semangat inovasi wirausaha yang bisa menjadi motor penggerak ekonomi nasional hingga berperan di perekonomian global.

"Kewirausahaan bahkan secara signifikan berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, mulai dari penciptaan lapangan kerja berkualitas, peningkatan PDB, hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang," jelas Bastian.

Bastian menambahkan, Indonesia memiliki potensi kewirausahaan yang luar biasa dengan komposisi demografi yang didominasi oleh generasi muda.

Kondisi tersebut yang harus bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan rasio kewirausahaan melalui penumbuhan wirausaha baru yang kreatif dan inovatif.

Potensi kewirausahaan dari sisi demografi adalah generasi muda yang bisa didorong semangat dan kemampuan kewirausahaannya. Sehingga dapat meningkatkan rasio kewirausahaan melalui penumbuhan wirausaha baru yang kreatif dan inovatif. 

(Bianca Khairunnisa).

 

Kategori :