Dampak Minum Soda terhadap Kesehatan Gigi: Waspadai Risiko Karies dan Erosi

Jumat 27-09-2024,14:41 WIB
Reporter : Viza Aulia Zahra
Editor : Dimas Satriyo

3. Meningkatkan Sensitivitas Gigi

Erosi enamel akibat minum soda dapat menyebabkan gigi sensitif, yaitu rasa ngilu yang timbul saat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. 

Karena lapisan pelindung gigi (enamel) terkikis, lapisan di bawahnya yang disebut dentin menjadi terbuka, sehingga gigi lebih mudah merespons rangsangan dari luar, seperti suhu dingin atau panas.

Sensitivitas gigi ini tidak hanya mengganggu kenyamanan saat makan dan minum, tetapi juga bisa menjadi pertanda adanya masalah gigi yang lebih serius.

4. Perubahan Warna Gigi

Paparan soda secara berkala juga dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Selain mengikis enamel, soda yang berwarna pekat, seperti cola, bisa menyebabkan gigi menguning atau menjadi kusam. 

Seiring waktu, noda ini dapat semakin sulit dihilangkan meskipun dengan menyikat gigi secara rutin.

5. Mengeringkan Mulut

Soda juga dapat berkontribusi pada kekeringan mulut (xerostomia), terutama soda diet yang mengandung pemanis buatan dan asam tambahan. 

Kondisi mulut kering dapat memicu masalah kesehatan gigi lainnya karena air liur berperan penting dalam melindungi gigi dari asam dan bakteri. Ketika produksi air liur berkurang, risiko kerusakan gigi meningkat.

Tips untuk Melindungi Gigi dari Dampak Soda

Bagi mereka yang tetap ingin mengonsumsi soda, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatifnya pada gigi:

Batasi konsumsi soda: Mengurangi frekuensi minum soda adalah langkah pertama yang dapat dilakukan untuk melindungi kesehatan gigi.

Gunakan sedotan: Minum soda dengan sedotan dapat membantu meminimalkan paparan soda pada gigi, sehingga mengurangi risiko kerusakan.

Bilas mulut dengan air: Setelah minum soda, bilas mulut dengan air untuk membantu menghilangkan sisa-sisa asam dan gula dari permukaan gigi.

Tunggu sebelum menyikat gigi: Jangan langsung menyikat gigi setelah minum soda karena asam dalam soda bisa membuat enamel gigi lunak untuk sementara. Menyikat gigi dalam kondisi ini dapat merusak enamel. Tunggu sekitar 30-60 menit sebelum menyikat gigi.

Kategori :