Peristiwa Holodomor : Bencana Kelaparan Terburuk Dalam Sejarah Ukraina

Kamis 26-09-2024,16:00 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada tahun 1932, Ukraina merupakan negara bagian Uni Soviet yang berideologi komunis. Pada saat itu Uni Soviet dipimpin oleh diktator kejam Joseph Stalin. 

Stalin selalu mengeluarkan kebijakan-kebijakan kontroversial dan juga mematikan. Ia melakukan itu untuk tetap menjaga kekuasaannya dari para pengkhianat.

Kediktatoran Stalin menyebabkan bencana bagi warga Ukraina, peristiwa Holodomor adalah bencana kelaparan yang disebabkan oleh kebijakan Stalin. 

Holodomor sendiri berasal dari bahasa Ukraina. kelaparan (holod) dan pemusnahan (mor). Secara harfiah Holodomor adalah bencana kelaparan yang bertujuan untuk memusnahkan. 

Peristiwa Holodomor adalah bencana kelaparan yang disebabkan oleh kebijakan Stalin. Mengutip dari Britannica, pada awal tahun 1929. Stalin mengeluarkan kebijakan kolektifisasi pertanian.

BACA JUGA:

Para petani dipaksa untuk menyerahkan tanah, properti pribadi, dan terkadang rumah mereka ke pertanian kolektif, dan mereka mendeportasi.  

Hal ini bertujuan untuk memberantas petani-petani kaya dan juga hak kepemilikan pribadi. Namun Kolektivisasi menyebabkan penurunan produksi, disorganisasi ekonomi pedesaan, dan kekurangan pangan. Hal ini juga memicu serangkaian pemberontakan petani, termasuk pemberontakan bersenjata, di beberapa bagian Ukraina. 

Banyaknya pemberontakan di Ukraina membuat para petinggi partai komunis menjadi khawatir, Stalin takut suatu saat Ukraina akan membebaskan diri. Oleh karena itu kebijakan kolektivitas lebih dipertegas dan diperluas hingga keseluruh wilayah Ukraina.

Dibentuklah suatu grup kepolisian yang bertugas untuk mengambil semua benda yang bisa dimakan. Polisi-polisi ini masuk dengan paksa kerumah-rumah warga dan mengambil semua makanan bahkan hewan juga diambil sehingga seluruh rakyat Ukraina mengalami kelaparan. 

Tahun 1933-1934 adalah puncak dari bencana kelaparan ini diperkirakan kurang lebih 5 juta orang Ukraina kelaparan karena kebijakan Stalin.

BACA JUGA:

Semua pemberontak dari Ukraina, orang orang yang ingin melarikan diri, dan petinggi-petinggi Ukraina yang tidak patuh akan segera ditangkap dan dimasukan ke Gulag atau langsung di eksekusi. 

Ukraina kemudian telah dikontrol penuh oleh Stalin, dan kemudian selama bertahun-tahun peristiwa ini disembunyikan dan tidak pernah diketahui.

Kategori :