Kabar Gembira! Museum Nasional akan Dibuka Lagi untuk Umum Mulai 15 Oktober 2024

Selasa 17-09-2024,17:01 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kabar gembira bagi pencinta museum. Sebab mulai 15 Oktober 2024, Museum Nasional atau Museum Gajah kembali dibuka untuk umum.

Sejak kebakaran pada 16 September tahun lalu, Museum Nasional Indonesia mengumumkan akan beroperasi kembali dengan wajah baru.

Museum ini akan dibuka kembali untuk publik pada 15 Oktober 2024 setelah melalui proses revitalisasi yang intensif hingga mencapai tahap signifikan.

Upaya pemulihan mencakup perbaikan infrastruktur dan penyelamatan koleksi serta penerapan inovasi baru dalam penataan museum.

Dalam hal ini, proses revitalisasi Museum Nasional Indonesia melibatkan berbagai langkah penanganan yang komprehensif, khususnya pendataan dampak kerusakan terhadap bangunan dan koleksi.

BACA JUGA:

Sebagai rincian, dilakukan evakuasi koleksi terdampak, penyanggaan bangunan yang masih berdiri, dan pembongkaran struktur yang rawan runtuh.

Guna memastikan kelayakan dan perencanaan revitalisasi yang holistik, dilakukan berbagai tahapan, mulai dari Forum Group Discussions (FGD) intensif dengan para ahli dari dalam dan luar negeri.

Dalam pelaksanaannya, dilakukan kolaborasi antara IHA, pemerintah, masyarakat khususnya para mitra museum, komunitas budaya, lembaga internasional, ahli sejarah, dan arsitek.

Termasuk pendampingan oleh Tim Tenaga Ahli Cagar Budaya dan Tim Ahli Pemugaran UNESCO serta pakar internasional lainnya.

Selain itu juga visitasi mitra internasional seperti Jepang, Perancis, Belanda dan Amerika.

BACA JUGA:

Seluruh proses ini dilakukan secara paralel dengan memindai serta mendokumentasi untuk memastikan konservasi yang akurat.

Perbaikan fisik museum mencakup renovasi ruang pameran dan peningkatan fasilitas pengunjung, menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman.

Sejalan dengan itu juga dilakukan peningkatan sistem keamanan secara signifikan, termasuk penerapan teknologi terbaru untuk melindungi koleksi museum dari ancaman di masa depan.

Kategori :