Persija Jakarta Kena Sanksi Komdis PSSI Rp20 Juta Gegara The Jakmania, Carlos Pena Buka Suara

Selasa 17-09-2024,07:15 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Persija Jakarta resmi dijatuhi sanksi menyusul insiden pelemparan korek api yang terjadi saat pertandingan melawan Persis Solo.

Hasil sanksi ini diumumkan setelah sidang yang digelar Komite Disiplin (Komdis) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) usai pekan kelima Liga 1 2024-2025.

Hasil sidang tersebut, Persija Jakarta menjadi satu-satunya tim dari Liga 1 yang dijatuhi denda sebesar Rp20 juta oleh Komdis PSSI.

Dengan hukuman yang diberikan untuk klub Persija Jakarta, pelatih Macan Kemayoran Carlos Pena angkat bicara.

Carlos Pena yang hanya memberikan pesan kepada The Jakmania bahwa pertandingan sepak bola harus dinikmati.

"Sepak bola adalah untuk semua orang dan untuk kesenangan," ujar Carlos Pena di SUGBK, Minggu (15/9/2024).

Selain itu, Pada 12 September 2024, Komdis PSSI menggelar sidang untuk menyikapi pelanggaran yang terjadi saat pertandingan Persipura Jayapura melawan Rans Nusantara FC pada 7 September 2024.

Akibatnya, Boaz Solossa, sosok legenda Persipura, dijatuhi sanksi oleh Komdis PSSI. Dilaporkan bahwa ia menyerang seorang steward pertandingan dan menghindari peringatan selama pertandingan.

Boaz kemudian menerima hukuman tambahan berupa larangan bermain dua pertandingan dan denda sebesar Rp5 juta.

BACA JUGA:

Selain Boaz, pemain Persipura, Gunansar Mandowen juga terkena sanksi akibat kerusuhan dalam pertandingan tersebut.

Komite Disiplin PSSI melaporkan bahwa Gunansar melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan yang mengakibatkan kartu merah langsung dan hukuman yang sama dengan yang diterima Boaz.

Pemain Rans Nusantara FC terkena sanksi akibat kerusuhan tersebut. Komite Disiplin PSSI menilai perilaku Vikra Seifahlepi tidak pantas karena menggunakan tubuhnya secara berlebihan dan langsung mendapat kartu merah. 

Akibatnya, Vikra dijatuhi sanksi larangan bertanding selama dua pertandingan dan denda sebesar Rp5 juta.

Sanksi dijatuhkan kepada Rans Nusantara FC oleh Komite Disiplin PSSI. Klub Liga 2 tersebut tidak menyediakan bus yang sesuai dengan ketentuan bagi tim tamu, dan tidak tersedia marka lapangan saat sesi latihan resmi bagi tim tamu.

Kategori :