13 September Hari Cokelat Sedunia, Ketahui Sejarah hingga Fakta Menarik

Jumat 13-09-2024,11:19 WIB
Reporter : Verly
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dunia memperingati hari Cokelat Internasional (International Chocolate Day) yang diperingati setiap tanggal 13 September.

Diketahui coklat berasal dari negara Meksiko, meskipun tidak semua orang menyukai cokelat namun makanan ini udah dianggap sebagai makanan yang lezat dan menghibur.

Berikut ini sejarah peringatan Hari cokelat Sedunia yang dilansir dari National Today and Days og The Year.

Sejarah Hari Coklat Sedunia

Tujuan dari peringatan Hari Cokelat Sedunia diciptakan agar semua orang bisa mempelajari dan merayakan agar bisa menikmati segala sesuatu yang berkaitan dengan cokelat.

Jika membahas mengenai sejarah cokelat, kita akan dibawa menelusuri awal perjalanan cokelat pada tahun 450 Sebelum Masehi.

Cokelat berasal dari Mesoamerika, yang kini berubah nama menjadi Meksiko.

BACA JUGA:

Asal muasal kata cokelat dari kata Nahuatl, "chocolatl", yang memiliki arti air panas. Dan juga kata Aztec, "xocoatl" yang berarti air pahit.

Sekitar 4.000 tahun yang lalu, Suku Olmec mulai mengubah biki kakao menjadi minuman. 

Di masa itu, meminum cokelat merupakan suatu hal yang sangat langka dan istimewa.

Dan biasanya meminum cokelat untuk tujuan pengobatan.

Namun setelah berabad-abad kemudian, biji kakao yang menjadi bahan dasar cokelat dibudidayakan dan digunakan sebagai mata uang yang berharga untuk perdagangan.

Bangsa Maya bahkan menyebut jika cokelat sebagai minuman dari para dewa, dan suku Aztec menganggapnya sebagai cara penting untuk mempersiapkan perang serta menggunakannya sebagai afrodisiak.

Selanjutnya di abad ke-16, cokelat merambah ke Spanyol melalui Hernan Cortes. Ia merupakan seorang penjelajah salh Spanyol yang menemukan kakao selama perjalanannya ke Amerika. Dan sejak saat itu, cokelat mulai menyebar hingga ke berbagai negara Eropa.

Kategori :