Kepo of The Day: Peringatan Apa Saja di 13 September?

Jumat 13-09-2024,09:42 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Di tanggal 13 September di lingkup nasional maupun internasional ada sejumlah momen penting yang biasa diperingati. Pada tahun 2024 tanggal 13 September jatuh pada hari Jumat 13 September 2024. Tanggal tersebut menjadi Jumat kedua dalam bulan September tahun ini.

Lantas, peringatan apa saja yang terjadi pada tanggal 13 September? Simak 7 daftar peringatan di tanggal 13 September yang dirangkum Radarpena dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Sang Legend Jon Bon Jovi Gagalkan Aksi Bunuh Diri Seorang Perempuan

1. Hari Berpikir Positif

Hari Berpikir Positif diperingati setiap tanggal 13 September. Hari Berpikir Positif pertama kali dirayakan pada tahun 2003 yang dicetuskan oleh seorang pengusaha asal Amerika. Hari Berpikir Positif menyoroti pentingnya sikap positif setiap saat.

Seringkali rasa pesimis dan sinis tentang berbagai hal muncul, namun hal tersebut tidak sepenuhnya buruk. Hadirnya rasa pesimis dan sinis justru dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan terburuk. Terlalu banyak berpikir negatif berdampak buruk pada kesejahteraan emosional.

Penelitian menemukan bahwa kebahagiaan dan optimisme dapat memperpanjang hidup. Orang yang optimis juga lebih mudah mengendalikan emosi sehingga dapat mengantisipasi stres.

Berpikir positif dapat mengurangi risiko penyakit jantung serta meredakan stres dan kecemasan. Selain itu, berpikir positif mampu membangun kekebalan dan ketahanan tubuh terhadap penyakit ringan seperti flu

2. Hari Botak itu Indah Nasional (National Bald is Beautiful Day)

National Bald is Beautiful Day merupakan perayaan asal Amerika Serikat. Kebotakan seringkali menimbulkan rasa cemas dan malu bagi banyak orang, sehingga hari ini dapat diperingati di seluruh dunia. National Bald is Beautiful Day ini menjadi pengingat bahwa semua orang itu indah, botak ataupun tidak.

Bagi pria maupun wanita kebotakan memiliki konotasi negatif yang menyebabkan rasa malu. Padahal, kebotakan merupakan fenomena alami yang terjadi pada manusia. Jadi tidak perlu malu dengan kebotakan!

Banyak hal positif dari menjadi botak. Tidak perlu membeli produk perawatan rambut, menyisir, mencuci rambut, dan tidak merasakan bad hair day. Penting untuk memikirkan keuntungan menjadi botak agar tetap percaya diri.

BACA JUGA:Viral X: Candaan Tanpa Etika Lala Berujung Dikecam Netizen

3. Hari Pelukan Bos Nasional (National Hug Your Boss Day)

Hari Pelukan Bos Nasional hadir pertama kali hadir pada tahun 2008, 16 tahun lalu untuk menghargai peran bos dalam dunia kerja.

Hari ini merupakan inisiatif dari TipTop.Job.com untuk meningkatkan hubungan di tempat kerja, produktivita, moral, dan menjaga motivasi semua orang dalam menjalankan tanggung jawabnya.

4. National Kids Take Over Kitchen

National Kids Take Over Kitchen diperkenalkan oleh sebuah waralaba sekolah memasak di Texas bernama Young Chefs Academy setiap tanggal 13 September. Hari ini menjadi momen istimewa bagi anak-anak dan remaja untuk ikut memasak bersama orang tua.

Masak bukan hanya menjadi kebutuhan dasar untuk bertahan hidup, tetapi juga memasuki ranah seni dan sains. Tidak hanya menjadi waktu yang berkualitas bagi orang tua dan anak, momen ini juga menjadi peluang untuk mempelajari atau menunjukkan keterampilan memasak.

BACA JUGA:Nostalgia Masa Kecil, Hobi Tamiya Orang Dewasa yang Masuk Cabang PON XXI

5. Hari Melawan Kanker

Hari Melawan Kanker atau Stand Up to Cancer Day diperingati setiap Jumat kedua bulan September sejak tahun 2008. Pada tahun 2024 Hari Melawan Kanker bertepatan di tanggal 13 September.

Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Berdasarkan data Kemenkes RI tahun 2022, Indonesia menempati urutan ke-8 dengan angka kejadian penyakit kanker tertinggi di Asia tenggara. Peringatan ini hadir untuk meningkatkan kesadaran dalam perjuangan melawan kanker. Hari ini menjadi momentum yang tepat untuk mendukung perjuangan melawan kanker melalui berbagai cara.

Ada lebih dari 170 negara yang ikut memperingati hari ini. Kegiatan sosialisasi dan donasi menjadi pilihan untuk memperingati hari ini sebagai wujud memerangi kanker.

BACA JUGA:7 Kebiasaan Buruk Sehari-hari yang Bisa Membesarkan Pori-pori Wajah

6. Hari Kesadaran Cacat Lahir pada Hewan Peliharaan

Hari Kesadaran Cacat Lahir pada Hewan Peliharaan ditetapkan pada tahun 2014 oleh Davis Rogers, pendiri yayasan MBJugle. Peringatan hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran cacat lahir kesehatan mental pada hewan peliharaan.

Sebagai pemilih hewan peliharaan sudah seharusnya kita bertanggung jawab untuk membantu dengan mengetahui penyebabnya, salah satunya perkawinan sedarah yang dapat menyebabkan masalah fisik dan perilaku pada hewan peliharaan.

Penting melakukan pencegahan cacat lahir pada hewan peliharaan, pengobatan dan perawatan yang tepat.

7. Hari Kacang Nasional

Hari Kacang Nasional dirayakan pada tanggal 13 September. Kacang memiliki sejarah yang panjang, berasal dari Amerika Serikat lebih dari 3.500 tahun yang lalu. Tidak heran jika kacang menjadi salah satu makanan kesukaan banyak orang, mulai dari dimakan langsung maupun dicampur olahan lain.

Berbagai kegiatan dapat dilakukan untuk merayakan hari ini, seperti memakan kacang sebagai pelengkap saat berkegiatan hingga memasak olahan kacang. Penuh dengan protein dan serat dan tidak membuat stres menjadikan kacang sebagai topik pembicaraan banyak orang.

BACA JUGA:Rusia Mulai Dibayangi Krisis Generasi Muda, Senasib Jepang dan Korea

Itu dia ulasan peringatan yang biasa dirayakan tanggal 13 September. Semoga bermanfaat!

Kategori :