10 September: Penobatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, Ulasan Sejarah dan Tema

Rabu 11-09-2024,10:13 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tanggal 10 September memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia (World Suicide Prevention Day/WSPD). Hari ini dibentuk oleh Asosiasi Internasional untuk Pencegahan Bunuh Diri (IASP) bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut WHO, bunuh diri merupakan tantangan kesehatan masyarakat yang besar, dengan lebih dari 700 ribu kematian setiap tahunnya di seluruh dunia. Setiap kasus bunuh diri memiliki konsekuensi sosial, emosional, dan ekonomi yang luas, dan sangat mempengaruhi individu dan komunitas di seluruh dunia.

Adanya peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia adalah sebagai bentuk upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan tantangan dan konsekuensi dari tindakan bunuh diri, serta upaya untuk mencegahnya.

BACA JUGA:Ungkap Putus Hubungan dengan Lolly Hanya Prank, Vadel Badjideh: Jangan Adu Otak sama Gua!

Tema Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia 2024

Seperti dilansir IASP, peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia 2024 mengusung tema "Changing the narrative on suicide" yang artinya "Mengubah narasi tentang bunuh diri". Tema ini bertujuan untuk menginspirasi semua orang agar terlibat dalam diskusi yang terbuka dan jujur tentang bunuh diri dan perilaku bunuh diri.

Mengubah narasi tentang bunuh diri bertujuan untuk menginspirasi individu, komunitas, organisasi, dan pemerintah untuk terlibat dalam diskusi yang terbuka dan jujur tentang bunuh diri dan perilaku bunuh diri. Dengan memulai percakapan penting ini, kita dapat mendobrak batasan-batasan, meningkatkan kesadaran, dan menciptakan budaya yang lebih baik dalam hal pemahaman dan dukungan.

BACA JUGA:Prilly Latuconsina dan Andovi Da Lopez Kenakan Seragam SMA, Jadi Juri Pencarian Bakat Online 

Tema tersebut adalah tema untuk tiga tahun peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia tahun 2024-2026, dan diikuti dengan ajakan untuk bertindak "Start the Conversation" atau "Memulai Percakapan". Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mengurangi stigma dan mendorong percakapan terbuka untuk mencegah bunuh diri.

Sejarah Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia

Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia sendiri telah dibentuk sejak tahun 2003. Hari ini didirikan oleh Asosiasi Internasional untuk Pencegahan Bunuh Diri (International Association for Suicide Prevention/IASP) bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

BACA JUGA:Ruben Onsu Berang dan Murka, Penyebabnya Sang Buah Hati Disebut Calon Wanita Penghibur

Tanggal 10 September setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, bertujuan untuk memusatkan perhatian pada masalah ini, mengurangi stigma. Serta meningkatkan kesadaran di antara organisasi, pemerintah, dan masyarakat, serta memberikan pesan tunggal bahwa bunuh diri dapat dicegah.***

Kategori :