Kenapa Menguap Bisa Menular ke Orang Lain? Ternyata Ini Jawabannya..!

Senin 09-09-2024,14:00 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Setiap orang pasti pernah merasa bosan ketika melakukan sesuatu lalu secara tidak sadar menguap. Hal tersebut adalah sesuatu yang wajar, karena menguap memang bisa disebabkan oleh rasa bosan.

 

2. Melihat orang menguap

Siapa sangka bahwa menguap adalah sesuatu yang bisa menular. Hal ini dinilai karena berkaitan dengan rasa empati seseorang. Inilah salah satu alasan mengapa seseorang bisa menguap ketika melihat orang di sekitarnya menguap, apalagi bila orang tersebut adalah orang yang dekat atau orang yang dikenal.

BACA JUGA:Fanny Soegi Blak-blakan Bongkar Sisi Gelap Band Bornean, Sindir Masalah Royalti

3. Mendinginkan otak

Terdapat sebuah teori yang menjelaskan bahwa ketika menguap, otot leher, rahang, dan wajah akan meregang, dan mampu meningkatkan aliran darah di kepala dan wajah. Sehingga menguap merupakan salah satu cara alami tubuh untuk mendinginkan otak. Di sisi lain, terdapat sebuah studi yang menjelaskan bahwa ketika berada di udara dingin seseorang akan lebih mudah menguap dibandingkan ketika berada di udara panas. Karena ketika menarik napas saat menguap, udara dingin akan masuk ke dalam rongga sinus, sehingga suhu udara dingin dapat tersalurkan ke otak lewat pembuluh darah. Lalu suhu dingin tersebut akan mendinginkan otak.

4. Memiliki penyakit tertentu

Bila seseorang terlalu sering menguap tanpa adanya rasa lelah atau rasa kantuk, bisa jadi sebuah pertanda mengalami penyakit tertentu, seperti:

  • Narkolepsi
  • Kelainan tiroid
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Sleep apnea

Jadi, sudah terjawab ya, mengapa menguap sering kali menular.

Bagaimana, kamu sering mengalaminya juga nggak nih?

Kategori :