Sri Paus Fransiskus Tiba di Indonesia, Jokowi: 'Selamat Datang Yang Mulia'

Selasa 03-09-2024,12:09 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat datang kepada Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, yang tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024.

Ia menyambut kedatangan Paus dengan hangat.

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan yang teramat mulia Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Selasa, 3 September 2024.

BACA JUGA:Jelang Kedatangan Paus Fransiskus ke Jakarta, KAI Pastikan Jam Operasional Tetap Normal

Kepala Negara mengungkapkan, ia baru saja menggelar rapat terakhir untuk mengecek persiapan ketibaan Paus Fransiskus dengan berbagai pihak, termasuk Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Ketua Panitia Penyambutan Paus ke Indonesia Ignasius Jonan.

Menurutnya, kunjungan Paus Fransiskus kali ini menjadi kunjungan yang sangat bersejarah.

Kunjungan pun sudah direncanakan sejak beberapa tahun yang lalu, tetapi sempat tertunda karena pandemi Covid-19. "Dan merupakan kunjungan ketiga setelah kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Paulus ke-6 pada 1970 dan kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Yohannes Paulus ke-2 tahun 1989," beber Jokowi.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Bakal Naik Popemobile Buatan Pindad dengan Plat Khusus Berwarna Merah, Ini Artinya

Lebih lanjut ia menjelaskan, Indonesia dan Vatikan punya komitmen yang sama memupuk perdamaian dan persaudaraan serta menjamin kesejahteraan bagi umat manusia. Adapun dalam kunjungan kali ini, Paus Fransiskus akan melakukan pertemuan kenegaraan hingga pertemuan diplomatik. "Selama empat hari kunjungan beliau Yang Teramat Mulia Sri Paus akan melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan korps diplomatik, dan wakil-wakil masyarakat, pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal dan Misa Kudus," jelasnya. Sebagai informasi, Paus Fransiskus diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada hari ini, Selasa 3 September 2024 pukul 11.30 WIB. Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia dalam rangka perjalanan apostolik selama periode 3 hingga 6 September 2024.

BACA JUGA:Catat! Rute Pengalihan Lalu Lintas Saat Kedatangan Paus Fransiskus ke Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, persiapan untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia telah dilakukan secara matang. “Ya, ini kehadiran Sri Paus ke Indonesia sudah kita siapkan, insya Allah dengan matang, baik oleh pemerintah maupun oleh umat Katolik di bawah pimpinan kardinal dan juga umat-umat seluruh Indonesia menyambut secara sukacita,” ujar Muhadjir Effendy, Senin 2 September 2024.

BACA JUGA:Sambut Kedatangan Paus Fransiskus, Panitia Tak Sediakan Lahan Parkir

Kedatangan Paus Fransisikus sendiri dijadwalkan pada Selasa, 3 September 2024 Bandara Internasional Soekarno Hatta pukul 11.00 WIB.

Kategori :