Contoh Soal TWK CPNS 2024 Full Penalaran dan Kunci Jawaban, Panduan Lengkap Lolos SKD

Selasa 03-09-2024,10:20 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan salah satu komponen penting dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024. 

Contoh soal TWK ini dirancang untuk mengukur pemahaman calon pelamar CPNS 2024 tentang ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Soal-soal penalaran dalam TWK seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi peserta. Untuk itu, artikel ini akan menyajikan kumpulan contoh soal TWK CPNS 2024 yang berfokus pada penalaran, disertai dengan kunci jawaban. 

Contoh soal TWK CPNS 2024 penalaran tidak hanya menguji pengetahuan Anda tentang materi, tetapi juga kemampuan Anda untuk berpikir kritis, menganalisis informasi, dan menarik kesimpulan yang logis sebagai calon aparatur sipil negara (CASN).

10 Contoh Soal TWK CPNS 2024 dan Kunci Jawaban 

BACA JUGA:

Dilansir Radarpena dari YouTube Private Al Faiz, inilah 10 contoh soal TWK CPNS 2024 full penalaran dan kunci jawaban yang bisa Anda pelajari.

1. Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan nasional Indonesia yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Nilai-nilai yang dapat diimplementasikan oleh masyarakat dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah ...

A. Menyadari pentingnya sikap kedaerahan untuk memperkuat persatuan 

B. Mempertahankan kemerdekaan dengan cara berprestasi di berbagai bidang 

C. Menerima keberagaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa dan saling menghargai 

D. Mematuhi peraturan demi menciptakan kedamaian dan ketertiban 

E. Mengembangkan sikap kebanggaan terhadap budaya sendiri dalam kehidupan bermasyarakat

Jawaban: C

2. Dalam suatu perusahaan multinasional, keberagaman budaya dan latar belakang karyawan menjadi bagian penting dari dinamika kerja sehari-hari. Peran implementasi sila kedua Pancasila yang paling efektif dalam menjaga keberagaman ini di tempat kerja adalah ...

Kategori :