Paus Fransiskus Bakal Naik Popemobile Buatan Pindad dengan Plat Khusus Berwarna Merah, Ini Artinya

Senin 02-09-2024,14:19 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

Mobil Maung buatan PT Pindad akhirnya dipilih menjadi mobil khusus yang akan digunakan Paus Fransiskus saat berkunjung ke Indonesia.

Adapun jenis mobil yang digunakan adalah Maung MV3 yang sudah dirancang khusus dengan Panjang 4.9 meter dan lebar 2 meter, serta tinggi 2.8 meter.

Dengan spesifikasi tersebut, Popemobile bisa melaju aman di kecepatan mencapai 100 km/jam. Selain itu, jarak tempuh dengan sekali pengisian penuh bisa mencapai 500 km.

Mobil ini juga diberi warna yang sama seperti Popemobile lainnya, yakni berwarna putih dengan bendera pada bagian depan kendaraan.

Sebagai kendaraan yang digunakan Paus Fransiskus untuk menyapa umat Katolik, bagian atap Popemobile dibuat melengkung tinggi dan setengah terbuka pada bagian belakangnya.

Bagian belakang adalah tempat yang diyakini akan menjadi posisi Paus Fransiskus berada saat menyapa para umatnya yang ada di Indonesia.

Desain Popemobile yang telah dibuat khusus ini juga merupakan khas dari Popemobile lain yang biasa digunakan oleh Paus.

Tidak hanya Paus Fransiskus saja, namun di bagian belakang Popemobile juga terdapat beberapa orang termasuk bagian pengamanan dari Vatikan.***

Kategori :