7 Khasiat Alami Daun Senna yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan, Salah Satunya Dapat Mengobati Jerawat!

Minggu 01-09-2024,15:39 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

Penelitian dari Current Opinion in Biotechnology menyebutkan bahwa flavonoid pada daun senna dapat membantu bakteri baik usus untuk melawan bakteri berbahaya.

Mengatasi Radang Gusi

Selain pencernaan, daun senna juga dapat mengatasi radang gusi serta beberapa masalah mulut lainnya. Sebab, berbagai kandungan fitokimia pada daun senna memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan mikroorganisme penyebab masalah mulut, seperti bakteri, jamur, maupun parasit.

BACA JUGA:

Mengatasi sembelit

Mengonsumsi teh daun senna sudah lama dipercaya untuk mengatasi sembelit. Manfaat ini diperoleh berkat senyawa sennosida dalam senna yang dapat merangsang kontraksi pada usus, sehingga menimbulkan keinginan untuk buang air besar.

Tak hanya itu, daun senna juga dapat meningkatkan jumlah air dan elektrolit di usus, sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Dengan begitu, masalah sembelit pun teratasi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi teh daun Senna mampu meningkatkan kekebalan tubuh pada pasien yang terinfeksi Covid-19.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks yang tinggi dalam daun Senna. Kedua vitamin tersebut berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikianlah, ulasan artikel diatas mengenai ragam manfaat yang ada pada daun senna yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Kategori :