Dapat Cegah Kanker, Inilah 6 Manfaat serta Khasiat dan Kandungan Bawang Merah yang Jarang Diketahui

Minggu 25-08-2024,14:05 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bawang merah adalah salah satu penyedap rasa masakan. Namun ternyata, bumbu dapur ini juga bermanfaat untuk tubuh, khususnya kesehatan. Bawang ini juga dibudidayakan hampir di seluruh dunia dengan berbagai varietas. 

Kandungan anthocyanin pada bumbu dapur ini dapat bekerja melindungi tubuh dari penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan penyakit gula.

Selain anthocyanin, sayuran ini juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa yang telah terbukti meningkatkan kesehatan dalam banyak hal.

Melansir laman Healthline, dalam 100 gram bawang merah kaya akan kandungan nutrisi seperti, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, folat, dan zat besi.

Selain itu, bawang merah juga mengandung salah satu senyawa kuat yang disebut allicin, yang terbentuk saat bawang merah dihancurkan atau dipotong sehingga melepaskan antioksidan.

BACA JUGA:

Tak hanya sebagai bumbu masakan, bawang merah juga telah lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional Indonesia yang dipercaya dapat mengatasi beragam masalah kesehatan, mulai dari sembelit, batuk dan pilek, hingga susah tidur. Ada beberapa manfaat bawang merah yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

Mencegah kanker

Alil sulfida dalam bawang ini juga memberikan perlindungan terhadap kanker. Bumbu masak ini berfungsi untuk mengatur beberapa jalur yang terkait dengan perkembangan kanker. Hal ini termasuk menghentikan siklus sel, mencegah migrasi sel kanker, dan menginduksi apoptosis. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya terhadap penyakit kanker. 

Menurunkan kolesterol

Menukil Nutrition and You, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa senyawa allicin dalam bawang merah mengurangi produksi kolesterol dengan menghambat enzim HMG-CoA reduktase dalam sel hati. Selain itu, juga ditemukan memiliki aktivitas antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Baik untuk kesehatan jantung

Konsumsi bawang merah dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian pada 2002 yang dimuat di jurnal Thrombosis Research menunjukkan, sulfur pada bawang merupakan komponen yang berpengaruh pada kesehatan jantung.

BACA JUGA:

Melawan radikal bebas

Kategori :