Tanda-Tanda Busi Mobil Harus Segera Diganti, Mulai dari Susah Dihidupkan Hingga BBM Boros

Rabu 21-08-2024,15:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berbicara mengenai busi, menjadi satu hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Pasalnya akan sangat merugikan jika sering diabaikan.

Busi menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan, dan menjadi sesuatu bagian yang vital pada pengapian kendaraan.

Seiring berjalannya Waktu dan masa pemakaian, busi akan mengalami penurunan kinerja. Dan hal ini akan berdampak tidak baik pada kendaraan jika sering diabaikan.

BACA JUGA:Jarang Diperhatikan! Ini Aturan Kilometer Ganti Busi Mobil, Cek Estimasi Biayanya

BACA JUGA:Awas! Bahaya Tersembunyi Busi Palsu Bagi Motor Anda

Dalam sebuah kendaraan, busi mobil terdiri dari 4 buah dan semuanya memegang peranan penting dalam pembakaran untuk tenaga mesin.

Dan apabila busi mobil mengalami masalah, akan sangat mengganggu pemilik kendaraan Waktu mobil melakukan perjalanan.

Lantas bagaimana cara mengetahui tanda-tanda busi mobil sudah harus diganti? berikut akan kami ulas dalam artikel ini.

Tanda-tanda Busi Harus Diganti

Pada dasarnya, busi mobil harus diganti secara berkala yakni setelah pemakaian 60.000 kilometer atau 12 bulan tergantung dari masa pemakaian.

Selain memperhatikan dari Jarak tempuh, ada beberapa tanda yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan yang menunjukan busi mobil harus segera diganti, yaitu:

1. Kondisi mesin mobil sulit dihidupkan

Busi berperan dalam memberikan api sebagai pemicu pembakaran di bagian ruang mesin. Apabila busi sudah mulai rusak atau using biasanya mesin kendaraan akan sulit untuk dihidupkan. Hal ini dikarenakan kurangnya daya percikan api yang dibutuhkan untuk mendorong mesin bisa menyala.

2. Tenaga mesin mulai menurun

Tanda lain yang menunjukan bahwa busi harus diganti adalah mesin sudah tidak memberikan performa yang baik Ketika dijalankan, alias seperti kekurangan tenaga. Hal ini dikarenakan busi yang sudah tidak bisa bekerja secara optimal dalam pembakarannya.

Kategori :