Sedihnya Maulia Permata Putri, Paskibara Berjilbab Pembawa Baki Asal Sumbar yang Diganti Jelang Upacara di IKN

Minggu 18-08-2024,15:12 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Maulia Permata Putri anggota Paskibraka asal Sumatera Barat (Sumbar) jelas sangat sedih.

Wanita yang awalnya dipilih sebagai pembawa baki bendera Merah Putih, mendadak diganti jelang upacara HUT RI ke-79 di IKN.

Adapun anggota Paskibraka yang ditunjuk sebagai pembawa baki pengganti Maulia adalah Livenia Evelyn asal Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal tersebut mengundang pertanyaan masyarakat bahwasanya pergantian Maulia ada hubungannya dengan polemik lepas jilbab saat pengukuhan lalu.

Sebagaimana diketahui, Maulia merupakan satu dari delapan belas paskibraka putri yang lepas jilbab saat prosesi pengukuhan.

BACA JUGA:

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi sendiri telah membantah terkait pemberitaan yang menyebut pihaknya meminta 18 paskibraka putri lepas jilbab saat pengukuhan di IKN termasuk Maulia Permata Putri.

Ia mengatakan bahwasanya itu merupakan bentuk kesukarelaan paskibraka dalam mematuhi peraturan saat prosesi pengukuhan.

"Paskibraka Putri dengan mengenakan pakaian, atribut dan sikap tampang sebagaimana terlihat pada saat pelaksanaan tugas kenegaraan yaitu pengukuhan paskibraka adalah kesukarelaan mereka dalam rangka mematuhi  peraturan yang ada dan hanya dilakukan pada saat pengukuhan paskibraka dan pengibaran sang merah putih pada upacara Kenegaraan saja," kata Yudian dalam keterangan tertulis yang diterima Disway Rabu 14 Agustus 2024.

Lantas seperti apa sosok Maulia Permata Putri?

BACA JUGA:

Maulia Permata Putri merupakan satu dari 76 paskibraka terpilih yang mewakili provinsi Sumatera Barat tepatnya dari Kabupaten Solok.

Diketahui ayah Maulia merupakan seorang ASN di Kabupaten Solok, serta sang Ibunda merupakan seorang guru di SD negeri di Kabupaten yang sama.

Maulia sendiri merupakan anak bungsu dari empat bersaudara.

Diberitakan sebelumnya, Maulia Permata Putri paskibraka asal Sumatera Barat yang semula dipilih sebagai pembawa baki, mendadak harus diganti jelang upacara HUT RI ke-79 di IKN.

Kategori :