Bikin Heboh, Karnaval HUT RI di Cilegon Banten Ricuh dan Saling Adu Jotos Peserta dari Dua Kecamatan

Minggu 18-08-2024,13:16 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Acara karnaval dalam memperingati HUT RI ke-79 di Kota Cilegon, Banten pada Sabtu, 17 Agustus 2024 berlangsung ricuh. Dua kelompok warga bersitegang hingga berakhir adu pukul. 

Diduga kericuhan berawal dari adanya suara ledakan petasan yang bersumber dari kendaraan hias tank yang membuat penonton terkejut. Dalam rekaman video amatir terlihat salah satu rombongan karnaval terlibat kerusuhan dengan warga. 

Suara ledakan memang terdengar sangat keras. Sehingga membuat sebagian penonton jatuh pingsan akibat tak kuat mendengar suara ledakan tersebut. Namun bukannya berhenti, suara tersebut tetap berlangsung hingga akhirnya penonton memberhentikan secara paksa kendaraan tank tersebut. 

Tak terima diberhentikan, warga yang berada di atas tank malah turun dan terlibat adu mulut dengan warga lain hingga berakhir bentrok. Tidak terima atas tindakan tersebut, sejumlah orang yang berada di atas kendaraan hias turun dan terlibat adu mulut dengan warga lain yang kemudian memicu baku hantam.

 
        Lihat postingan ini di Instagram  
 
                  Sebuah kiriman dibagikan oleh Radarpena (@radarpena.co.id)

BACA JUGA:

 

Kericuhan melibatkan warga dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Jombang dan Kecamatan Ciwandan. Setelah situasi semakin memanas, Camat Jombang, Burhanudin, dan Camat Ciwandan, Agus Ariyadi, segera turun tangan untuk menenangkan massa.

Keduanya akhirnya meminta maaf kepada warga atas insiden yang terjadi dan menyatakan bahwa kericuhan ini disebabkan oleh kesalahpahaman serta dampak dari euforia perayaan yang telah lama tidak diadakan.

"Atas nama warga, kami ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat atas kesalahpahaman yang terjadi sebelumnya. Kami sangat menyadari bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memeriahkan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia," ucapnya.

BACA JUGA:

Camat menekankan keyakinan bahwa warga tidak akan memperpanjang konflik dan kesepakatan yang telah dicapai adalah bukti dari saling pengertian dan komunikasi yang hati-hati. 

"Kami bersama seluruh warga berharap agar kesalahpahaman ini bisa segera dilupakan dan kita dapat melanjutkan perayaan dengan damai dan penuh kebersamaan," ujarnya.

Permintaan maaf dari kedua camat ini disampaikan di hadapan aparat penegak hukum dan warga yang hadir, dengan harapan insiden tersebut tidak berlanjut dan tidak mencederai semangat perayaan kemerdekaan yang seharusnya membawa kebersamaan dan kegembiraan.

Tags : #warga #viral #ricuh #kota cilegon #kendaraan hias #karnaval kemerdekaan #karnaval hut ri 2024 #jombang #ciwandan #berita viral #banten
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini