440 Narapidana Lapas IIA Bogor Terima Remisi HUT Kemerdekaan RI

Sabtu 17-08-2024,20:16 WIB
Reporter : Adi Wirman
Editor : Putri Indah

BOGOR, RADARPENA.CO.ID - Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bogor mendapatkan remisi Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-79 tanggal 17 Agustus 2024. 

Surat remisi yang diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari didampingi oleh Kepala (Ka) Lapas IIA Bogor, Sopian dan disaksikan oleh Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Sabtu 17 Agustus 2024.

Hery Antasari membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly.

BACA JUGA:Ketua DPRD Kota Bogor Dirumorkan Gandeng Deny Mulyadi Untuk Pilwalkot Bogor

BACA JUGA:Pelaku Curanmor di Bogor Dibebaskan Lewat Restorative Justice, Ini Alasan Jaksa

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Hery, Menkumham, Yasonna menyampaikan beberapa poin diantaranya tentang tema Nusantara Baru Indonesia Maju, sejarah perjuangan para pahlawan, founding father, dan meneruskan estafet cita-cita bangsa.

"Tema besar yang diusung ini bukan sekedar tema tapi memiliki makna yang mendalam untuk membangun pondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa dimana setiap masyarakat berperan aktif mencapai kemajuan yang lebih baik," ucap Hery membacakan sambutan Menkumham Yasonna.

Dalam sambutanya Yasonna juga mengingatkan tentang tantangan global, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, hukum yang memiliki peran strategis dalam menjaga HAM, iklim yang mendorong pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Selain hal tersebut, Yasonna juga mengucapkan selamat atas remisi yang didapatkan oleh warga binaan dengan memberikan pesan untuk menjadi manusia mandiri yang seutuhnya dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Saat ini kita memasuki era baru, maka kita pastikan bahwa kita tidak hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi semata tapi juga pada penguatan hukum dan HAM dengan pemberdayaan masyarakat," ungkap Hery.

"Baik oleh pemerintah dan swasta memiliki peran penting dalam membangun sistem hukum yang mendukung pertumbuhan," sambungnya. 

Selanjutnya, Ka Lapas IIA Bogor, Sopian menyampaikan terima kasih kepada Hery dan jajaran Pemkot Bogor yang telah memberikan kesempatan kedua untuk melaksanakan penyerahan remisi di Balai Kota Bogor.

Saat ini Lapas IIA Paledang Bogor memiliki jumlah warga binaan sebanyak 705 orang, dengan rincian 505 orang berstatus narapidana dan 200 lainya merupakan tahanan lain, seperti tahanan kejaksaan yang belum memiliki status hukum karena dalam proses.

"Dari rincian itu di tahun 2024 ini narapidana yang menerima remisi berjumlah 440 orang yang terdiri dari remisi umum I sebanyak 438 orang dan remisi II sebanyak enam orang, langsung bebas dua orang, dan empat orang menjalani subsider (masa tahanan pengganti denda)," kata Sopian. 

Dalam memberikan dukungan kepada Lapas IIA Bogor, Sopian mengatakan bahwa Pemkot Bogor juga turut serta dalam melakukan pembinaan kepada warga binaan.

Kategori :