Ini Dia Identitas 5 Anggota KKB Papua yang Bunuh Pilot Helikopter Warga Selandia Baru dengan Sadis

Rabu 14-08-2024,19:20 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pelaku pembunuhan terhadap pilot berkewarganegaraan Selandia Baru akhirnya terungkap.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani  mengatakan pelaku pembunuhan sadis terhadap pilot warga Selandia Baru adalah 5 anggota KKB Papua pimpinan Perek Jelas Kogoya.

Diketahui Glen Malcolm Conning, pilot asing asal Selandia Baru dibunuh anggota KKB Papua di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Senin, 5 Agustus 2024.

Diungkapkan Brigjen Pol Faizal Ramadhani kelima anggota KKB Papua tersebut bermarkas di Yuguru Kabupaten Nduga.

"Lima pelaku tersebut yakni, Perintakola Lokbere alias Malas Gwijangge, (20 th), Jeri Wandikbo, (50 th), Irisim Gwijangge, (20 th), Jaka Gwijangge, (15 th) dan Analuk Amisim, (36 th) yang masing-masing beralamat di kampung Geselma Kabupaten Nduga," katanya dalam keterangan persnya, Rabu, 14 Agustus 2024.

BACA JUGA:

Menurut Faizal, terduga pelaku tersebut telah diterbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk dilakukan upaya penegakan hukum.

"Jadi berdasarkan hasil olah TKP tersebut, maka kami menduga kuat bahwa penyanderaan dan penembakan yang mengakibatkan pilot Glen meninggal dunia adalah KKB Perek Jelas Kogoya," ujarnya.

Apalagi, hal ini diperkuat temuan di dinding rumah yang terdapat gambar-gambar senjata, gambar bendera Papua Merdeka dan dokumen KKB lainnya.

"KKB selain membunuh juga pihaknya mencoba membakar helikopter jenis IWN, MD.500 ER PK, yang mengakibatkan kerusakan total pada helikopter tersebut," ujarnya.

Sebelumnya telah terjadi penyanderaan dan penembakan pilot helikopter milik PT. Intan Angkasa Air Service yakni Glen Malcolm Conning, yang berkebangsaan Selandia Baru di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah (5/8).

 

Tags :
Kategori :

Terkait