Ngaku Ngulik Sound Gitar Sendiri, Chelsea JKT48 Diduga Curi Karya Orang Lain, Begini Klarifikasinya

Senin 12-08-2024,10:04 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Chelsea Davina Norman, atau yang lebih akrab dikenal sebagai Chelsea JKT48 ini menjadi sorotan usai dituding menjiplak karya milik orang lain. Sebelumnya, Chelsea Davina mengunggah video dirinya bermain gitar yang diklaim sebagai hasil mengulik sendiri. 

Namun setelah disimak, beberapa netizen menyampaikan bahwa sound dalam video tersebut merupakan rekaman milik orang lain. Video Chelsea JKT48 ini sempat viral setelah diunggah ulang pemilik akun X @capekbgtakutu.

"Tolong viralkan, guys. Chelsea JKT48 mencuri sound gitar milik orang lain (temanku) tapi dia mengklaim ngulik sendiri. Temanku tiba-tiba melihat video Chelsea bermain gitar Rapsodi, tetapi suaranya persis seperti suara gitar temanku," tulis pemilik akun, dikutip pada Minggu, 11 Agustus 2024.

Sadar dirinya tengah menjadi bahan gunjingan, Chelsea pun langsung menyampaikan permintaan maaf tertulis melalui unggahan di Instagram Stories @jkt48.chelsea.d. 

BACA JUGA:

"Selamat sore semuanya, aku mau minta maaf soal kegaduhan atas video TikTok aku," tulis Chelsea.

Chelsea dikenal sebagai salah satu member JKT48 yang memiliki keahlian bermain gitar. Ia juga sering mengunggah konten-konten cover gitar dari sebuah lagu di TikTok miliknya. Oleh karena itu, ia banyak melihat konten musik milik kreator lain di TikTok maupun YouTube.

Begitu pula ketika membuat video cover gitar dari lagu JKT48 berjudul "Rapsodi." Pemilik nama asli Chelsea Davina itu juga mengaku mengambil referensi dari konten milik kreator lain.

Lebih lanjut, Chelsea JKT48 menjelaskan adanya kesalahpahaman dari caption unggahan tersebut yang kemudian dipermasalahkan oleh warganet.

BACA JUGA:

Menurutnya, ia bukan murni mengulik sendiri dari lagu aslinya, melainkan mengulik dari konten kreator lain. Chelsea juga menyebut bahwa suara gitar di video-video yang ia buat terlalu kecil.

"Mohon maaf aku sudah menggunakan video-video tersebut tanpa izin, dan dikarenakan suara gitar aku terlalu kecil, jadi menimbulkan kesalahpahaman bahwa seakan-akan aku mengklaim bahwa aku yang memainkan sound itu. Kemudian maksud aku dari mengulik sendiri itu, aku ngulik sound yang aku dapat dari TikTok."

Terkahir, Chelsea berjanji tidak akan mengulangi hal serupa. Ke depannya ia juga akan berlatih lebih baik lagi dalam membuat konten. 

"Ke depannya aku tidak akan mengulangi hal serupa lagi, dan aku akan lebih berlatih lagi untuk dapat membuat konten yang lebih baik. Terima kasih atas masukannya ya, sekali lagi mohon maaf," tutup Chelsea JKT48.

Kategori :