Manfaat Sawo, si Buah Eksotis yang Kaya Akan Khasiat, Apa Saja Sih?

Sabtu 10-08-2024,07:40 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sawo atau Manilkara Zapota adalah buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Namun, saat ini, sawo dapat ditemukan di banyak bagian dunia, seperti Indonesia dan beberapa negara tropis lainnya, tanaman ini sebagian besar ditemukan di Florida. 

Buah ini mengandung nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, kalsium, karbohidrat, kalium, vitamin C, dan vitamin A. Jadi, tak heran jika buah sawo bermanfaat bagi kesehatan.  

Buah yang populer di kalangan masyarakat Indonesia ini memiliki rasa manis dan daging yang lembut, yang sangat disukai oleh banyak orang. Kemanisan ini berasal dari gula alami yang mirip dengan yang terdapat pada mangga, pisang, dan nangka. 

Lantas, apa saja sih khasiat buah sawo untuk kesehatan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA:

Mencegah Kekurangan Zat Besi 

Bagi mereka yang memantau asupan zat besi, sawo bisa menjadi solusi yang baik. Kandungan zat besi yang cukup dapat membantu mencegah kelelahan dan menjaga kadar oksigen dalam tubuh. Manfaat buah sawo tidak hanya terbatas pada aspek nutrisi secara umum saja, berperan dalam mencegah kekurangan zat besi.

Mengatasi Anemia

Buah sawo memiliki manfaat yang signifikan dalam mengatasi gangguan anemia. Kandungan tinggi zat besi dalam sawo dapat membantu penderita anemia dengan efektif. Konsumsi buah sawo aman bagi penderita anemia dan dapat dilakukan setiap hari. Meskipun begitu, disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Buah sawo mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, seng, dan mangan, yang memberikan dampak positif bagi kesehatan tulang dan otot. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko terjadinya penurunan kepadatan tulang dan osteoporosis. Oleh karena itu, mengonsumsi sawo secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah masalah tulang yang serius.

BACA JUGA:

Mengobati Batuk

Kandungan senyawa kimia yang terkandung dalam buah sawo juga diketahui bisa mengobati batuk. Kandungannya tersebut bekerja dengan cara membasmi dahak atau lendir dan mukus dari rongga hidung dan saluran pernapasan. Dengan ini, hidung yang mampet dan batuk yang kamu alami bisa segera teratasi. 

Kategori :