Viral 'Jangan Ya Dek Ya' Bagi Netizen, Memang Apa Artinya?

Jumat 09-08-2024,14:29 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radarpena, 'jangan ya dek ya' merupakan kalimat yang bermaksud membujuk atau ajakan, bisa berupa larangan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, 'jangan', kata yang menyatakan melarang, berarti tidak boleh; hendaknya tidak usah: -- bohong.

Sementara 'dek' biasanya ditujukan untuk seseorang yang lebih muda, bisa adik.

Jadi, seperti bujukan, pesan untuk orang lain.

'Jangan Ya Dek Ya' juga bisa dimaksudkan dalam hal candaan atau komedi, sebagaimana yang tengah viral di medsos baru-baru ini.

 

  • Dalam Instagram Fadil Jaidi, ia mengucapkan kata-kata terkait percintaan.

 

"Kalau panggil sayang tapi nggak pacaran pernah dek? 'jangan ya dek ya' nanti kalau ditinggalin nangis ya dek ya," ungkap Fadil.

 

  •  Contoh lainnya, ketika orang dewasa menggunakan kata 'Jangan Ya Dek Ya' ini untuk membujuk seorang anak agar tidak melakukan hal negatif.

 

Kalimatnya bisa, 'jangan ya dek ya' mencuri itu dilarang, bisa kena hukuman.

 

  •  Dalam akun TikTok @iniganta, Ganta bilang: "udah pernah ngebantu orang lain karena kita nggak enakan tapi malah dimanfaatin belum? 'jangan ya dek ya' kasihan kamu, jangan ya dek ya,"

 

  •  Di akun TikToknya lainnya, juga ada yang membuat video 'jangan ya dek ya' soal percintaan.

 

"Dek, udah pernah saling chat'an terus tiba-tiba ngilang belum dek? 'jangan ya dek ya'," kata perempuan dalam video yang diunggah di akun TikTok @cintasly_.

BACA JUGA:Memahami Arti Kata 'Mewing', Istilah Populer yang Sedang Tren di Kalangan Anak Muda

Kategori :