Fiturnya Bikin Kecanduan, Seorang Remaja di New York Tuntut Instagram Rp800 Triliun!

Kamis 08-08-2024,13:25 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Seorang remaja berinisial AA (13) di New York, menuntut Instagram dan perusahaan induknya, Meta karena dianggap dengan senagaja menciptakan produk yang membuat anak-anak kerap kecanduan untuk bermain gadget. 

Dalam gugatan class-action yang diajukan di pengadilan California pada Senin, 5 Agustus 2024, pengacara yang bertindak atas nama gadis berusia 13 tahun berinisial AA menuduh Meta menggunakan desain kompulsif untuk membuat anak di bawah umur terus melakukan scrolling. 

Padahal itu dapat membahayakan kesehatan mental mereka. Gugatan itu menuntut Meta dengan uang senilai USD 5 miliar atau sekitar Rp 80 triliun ( 1 USD = Rp 16.193). 

Uang itu sebagai kompensasi untuk jutaan anak yang menggunakan Instagram setiap dari di AS, dan meminta pengadilan untuk melarang Instagram menyediakan fitur-fitur intinya untuk anak di bawah 18 tahun.

BACA JUGA:

Dilansir dari Independent, pada Rabu, 7 Agustus 2024 juru bicara Meta hanya memberikan pernyataan umum yang sudah digunakan untuk menanggapi tuntutan hukum serupa lainnya.

Meta menyebutkan jika aplikasinya memiliki banyak alat dan fitur yang dirancang untuk menjaga keamanan para remaja. Kasus ini mengutip banyak dokumen internal yang dipublikasikan oleh pelapor Meta, Frances Haugen di tahun 2021, yang menunjukkan bagaimana perusahaan berulang kali menolak bukti internal jika Instagram mungkin merugikan pengguna muda.

Kasus ini mengutip banyak dokumen internal yang dipublikasikan oleh pelapor Meta, Frances Haugen pada tahun 2021, yang menunjukkan bagaimana perusahaan berulang kali menolak bukti internal bahwa Instagram mungkin merugikan pengguna muda.

"Negara ini secara universal melarang akses anak di bawah umur terhadap produk adiktif lainnya, seperti tembakau dan alkohol, karena kerusakan fisik dan psikologis yang dapat ditimbulkan oleh produk tersebut. Media sosial juga demikian, dan dokumen Meta sendiri membuktikan bahwa mereka tahu bahwa produknya berbahaya," kata gugatan tersebut.

"Meskipun begitu, Meta tidak melakukan apapun untuk memperbaiki produk media sosialnya atau membatasi aksesnya kepada pengguna muda. Faktanya, seorang anak dapat mendaftar ke produk Meta yang berbahaya dalam hitungan menit, tanpa bimbingan atau persetujuan orang tua atau wali. Perilaku Meta telah merugikan penggugat dan anak-anak lain, dan akan terus merugikan mereka kecuali dan sampai dihentikan," lanjutnya.

Gugatan tersebut juga mengklaim bahwa 'AA' kerap diliputi kecemasan ketika ia tidak memeriksa notifikasi dan telah menginternalisasi keyakinan bahwa teman-temannya terus-menerus mengabaikannya" ketika mereka tidak menyukai atau terlibat dengan postingannya.

BACA JUGA:

Keluhan tersebut mengutip dokumen internal yang menunjukkan bahwa Meta menempatkan perekrutan lebih banyak remaja ke dalam layanannya di antara prioritas tertingginya karena berusaha mengimbangi menurunnya popularitas aplikasi terkenalnya, Facebook, dan penuaan bertahap dari basis pengguna aslinya.

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, pengaduan tersebut menuduh, Meta berulang kali menepis laporan internal dan eksternal bahwa aplikasinya memiliki efek negatif pada pengguna muda pada khususnya, seperti dengan mendorong mereka untuk terus membandingkan diri mereka sendiri dengan orang lain.

Di antara fitur-fitur yang dikritik adalah umpan berita Instagram yang diurutkan secara algoritmik dan bergulir tanpa batas, yang berfungsi seperti mesin slot dengan menggoda pengguna untuk terus menyegarkannya dengan harapan mendapatkan hadiah yang tidak terduga.

Kategori :