Kumpulan Contoh Soal TWK, TKP, dan TIU CPNS 2024 serta Kunci Jawaban, Persiapan Jelang SKD

Rabu 31-07-2024,09:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Simak kumpulan contoh soal TWK, TKP, dan TIU CPNS 2024 berikut ini. Kumpulan contoh soal ini dibuat sebagai persiapan hadapi SKD yang dilengkapi dengan kunci jawaban.

Dengan adanya kunci jawaban pada contoh soal TWK, TKP, dan TIU ini, diharapkan dapat membantu Anda memahami dan menemukan jawaban yang tepat dari kumpulan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024 ini.

Pada seleksi CPNS 2024, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Intelegensi Umum (TIU) merupakan tiga jenis soal yang akan diujikan saat SKD berlangsung.

Untuk itu, simak dan pelajari kumpulan contoh soal TWK, TKP dan TIU beserta kunci jawaban yang disediakan berikut ini agar Anda dapat lolos dalam tahap SKD CPNS 2024.

TWK

1. Berbagai kebijakan dari Belanda selalu menghantui masyarakat pribumi, seperti ketimpangan ekonomi, disparitas gaji antara pribumi dan Belanda, sampai diskriminasi. Indische Partij berlayar melawan arus kolonialisme Belanda dengan semangat nasionalisme yang tinggi untuk satu tujuan, yaitu kemerdekaan. Nasionalisme digiring oleh organisasi ini ke penjuru negeri untuk menarik simpati dan dukungan sosial dari masyarakat. Strategi perjuangan Indische Partij ialah….

BACA JUGA:

A. memberikan narasi kritis melalui media komunikasi yang diedarkan luas

B. Menginisiasi gerakan perlawanan bersenjata untuk mempercepat proses kemerdekaan.

C. Mengumpulkan dukungan organasi internasional untuk mendapatkan simpati global terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.

D. Berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia untuk merancang serangan bawah tanah.

E. Menanamkan serta menyebarkan semangat kemerdekaan di tengah-tengah rakyat yang masih dijajah oleh Belanda.

Jawaban: A

2. Mariami adalah atasan Arhan di salah satu Kementerian. Dalam pekerjaan mariami selalu membimbing Arhan untuk melakukan kejujuran, transparansi dan berani menolak gratifikasi. Mariami ingin semua orang di dalam kementerian tersebut jg melakukan hal yang sama. Tahun 2025 Mariami memilih Arhan sebagai Tunas Integritas di lingkungan Kementerian. Hal ini merupakan salah satu cara untuk membasmi korupsi di lingkungan kementerian. Sikap yang dilakukan mariami menunjuk Arhan adalah salah satu upaya menumbuhkan integritas dengan pendekatan ... 

A. Analogi agar setiap kasus yang sama dapat tahu melakukan seperti apa 

Kategori :