Waspada, Sering Mengantuk Ternyata Gejala dari Penyakit Ini!

Sabtu 27-07-2024,17:12 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Merasa sering mengantuk walaupun sudah tidur 8 jam sehari bisa terjadi. Kondisi ini sering dihubungkan dengan gangguan kesehatan. Bagi tubuh, tidur sama pentingnya dengan makan dan minum. 

Sayangnya, banyak dari kita yang mengabaikan kualitas dan kuantitas tidur. Padahal, kunci bangun tidur yang segar adalah tidur yang lelap.

Kerugian yang didapat dari kurang tidur atau sering mengantuk adalah rentan melakukan kesalahan dalam pekerjaan atau aktivitas karena karena saat bangun tidur menjadi tidak segar, sehingga sulit berkonsentrasi. 

Rasa kantuk yang berlebihan dan terjadi setiap hari selama kurang lebih tiga bulan perlu kamu waspadai. Sering kali, seseorang mengira hal tersebut muncul karena tubuh yang kelelahan, padahal bisa jadi pertanda penyakit. Simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

BACA JUGA:

Narkolepsi

Penyebab ngantuk berlebihan yaitu narkolepsi. Kondisi ini merupakan gangguan neurologis karena otak tidak mampu mengatur siklus tidur dan bangun dengan benar. Pada malam hari, pengidap akan terbangung berkali-kali (seperti insomnia). Sementara itu, pada siang hari, mereka akan mengalami kantuk berlebihan. Pengidap kondisi ini  bahkan bisa tertidur ketika tengah mengobrol atau makan.

Studi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menyebutkan, wanita memiliki gejala narkolepsi yang terjadi karena gaya hidup dan hubungan pribadi sebanyak 44 persen, sedangkan pria sebesar 71 persen. Selain itu, studi tersebut juga melakukan pengamatan terhadap pria dan wanita yang mengatasi narkolepsi dengan mengonsumsi kafein. Hasilnya, sebanyak 82,4 persen wanita mengonsumsinya. Sementara pria, hanya berkisar 63,4 persen.

Depresi

Salah satu gejala depresi adalah sering mengantuk. Selain itu, orang yang mengalami depresi juga dapat merasa kurang berenergi, hilang semangat hidup, kehilangan minat dan ketertarikan dalam menjalani aktivitas yang sebelumnya digemari, merasa cemas, hingga munculnya ide bunuh diri.

Anemia 

Anemia adalah kondisi di mana tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup. Selain merasa mengantuk, Anda yang mengidap anemia juga akan mengalami gejala lain, seperti pusing dan merasa kedinginan.

BACA JUGA:

Mengidap fibromyalgia 

Penderita fibromyalgia akan merasa sangat lelah dan nyeri di sekujur tubuh sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini juga akan membuat penderita sangat mengantuk meskipun sudah mendapatkan tidur yang cukup. 

Kategori :