Mengenal Lebih Dekat Profesi Jurnalis, Siap dan Mampukah Kamu?

Sabtu 20-07-2024,14:00 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

  1. Reporter.
    Jurnalis di media cetak maupun di media elektronik (TV dan radio) memulai kariernya sebagai reporter yang bertugas meliput di lapangan. Pada tahap ini, beberapa juga menyebutnya sebagai video journalist dan stand upper. Beberapa media TV juga ada yang menyebutnya sebagai produser lapangan.
  2. Asisten Redaktur/Asisten Produser.
    Ini adalah tahapan selanjut setelah seorang reporter mendapatkan promosi.
  3. Redaktur/Produser.
    Peran seorang jurnalis untuk melakukan manajemen pemberitaan memiliki nama berbeda jika posisi tersebut dijabat di media cetak yang disebut sebagai Redaktur, sedangkan di media TV disebut sebagai Produser. Beberapa juga menyebut posisi ini sebagai Koordinator Liputan.
  4. Redaktur Pelaksana/Produser Eksekutif.
    Sama seperti sebelumnya, penyebutan kedua posisi ini dibedakan tergantung dimana dia bekerja, apakah di media cetak atau elektronik. Untuk mencapai posisi ini, jika mengikuti perjalanan karier, umumnya lebih dari 15 tahun pengalaman.
  5. Wakil Pimpinan Redaksi.
    Posisi kedua tertinggi dalam dunia pemberitaan dijabat oleh seorang Wakil Pimpinan Redaksi.
  6. Pemimpin Redaksi.
    Ini merupakan posisi puncak dari perjalanan karier seorang Jurnalis. Seorang Pemimpin Redaksi diyakini telah memiliki pengalaman panjang dalam industri jurnalistik, dan memiliki kemampuan manajemen yang mumpuni.

Jika kamu ingin berkarier pada profesi ini, maka ilmu yang harus kamu kuasai adalah: Jurnalistik, Ilmu Komunikasi, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, dan semua bidang keilmuan.

Kategori :