Waspada Kebutaan, Inilah Dampak Negatif dari Pemakaian Lensa Kontak Setiap Hari

Kamis 18-07-2024,15:47 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

Pelebaran Pembuluh Darah

Penggunaan softlens yang tidak tepat dapat menyebabkan pembuluh darah pada mata membesar. Ini bisa membuat mata terlihat merah dan terasa tidak nyaman, serta terasa perih.

BACA JUGA:

Keratitis

Keratitis atau radang kornea merupakan salah satu penyakit mata paling sering yang dapat diakibatkan oleh penggunaan lensa kontak. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, termasuk infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit. Selain itu, keratitis juga lebih berisiko terjadi pada orang yang sering memakai lensa kontak terlalu lama dan tidak merawat lensa kontak beserta tempat penyimpanannya dengan benar.

Keratitis bisa ditandai dengan mata merah, sensitif terhadap cahaya, penglihatan kabur secara tiba-tiba, mata berair, dan sakit di dalam atau di sekitar mata, baik saat memakai lensa maupun tidak. Pada kasus yang paling parah, keratitis bisa berujung pada kebutaan.

Mata Kekurangan Oksigen

Peran oksigen pada mata sama dengan organ penting lainnya, seperti jantung, paru-paru, dan otak. Namun, kandungan pada mata bisa menurun akibat kebersihan lensa kontak yang tak terjaga dengan baik.

Ptosis

Ptosis adalah gangguan yang membuat kelopak mata tampak turun dan terlihat seperti orang mengantuk. Masalah ini dipicu oleh cairan seperti air liur yang bergerak masuk ke dalam jaringan dan menarik kelopak mata. Kondisi itu juga bisa menyebabkan mata lengket dan sulit terbuka.

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait dampak negatif dari penggunaan lensa kontak setiap hari untuk kesehatan mata. Semoga bermanfaat!

Kategori :