7 Tips Mengambil Keputusan Finansial untuk Menikah, Demi Wujudkan Rumah Tangga yang Tenang dan Nyaman

Kamis 18-07-2024,15:15 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Pernikahan merupakan salah satu hal yang penting untuk diutamakan dalam hidup, terutama bagi mereka pasangan muda. 

Persiapan dana pernikahan menjadi hal krusial yang harus dipikirkan calon pengantin sebelum menikah. 

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul saat menyiapkan dana pernikahan adalah, apakah sebaiknya calon pengantin tidak memiliki utang sebelum menikah? 

Perencana keuangan sekaligus Head of Advisory & Investment Operations PINA Rista Zwestika mengatakan, tidak adanya utang saat pernikahan tentu lebih ideal. 

BACA JUGA:Simak Tips Berikut Agar Tetap Hangat dan Nyaman saat Cuaca Dingin

Namun dalam kenyataannya, banyak pasangan mungkin memiliki beberapa utang sebelum menikah.

"Yang terpenting adalah komunikasi terbuka dan kesediaan untuk bersama-sama mengelola dan membayar utang tersebut," kata dia kepada Radarpena pada Kamis 18 Juli 2024.

Ia menambahkan, sebelum menikah pasangan sebaiknya berusaha membayar sebanyak mungkin utang yang dimiliki. Pasalnya, utang dapat memberikan tekanan pada keuangan pernikahan di masa depan. Kejujuran dan kerja sama dalam mengatasi masalah keuangan dapat memperkuat hubungan pernikahan. "Namun jika ada utang yang tidak dapat langsung diselesaikan, penting untuk merencanakan cara mengatasinya bersama-sama," imbuh dia.

Berikut ini adalah beberapa tips persiapan finansial bagi calon pasangan yang merencanakan untuk menikah. Ini penting untuk memastikan stabilitas keuangan dan kesejahteraan pasangan di masa depan. 

1. Pemahaman tentang keuangan pasangan 

Penting untuk memahami keuangan masing-masing pasangan. Ini mencakup pendapatan, pengeluaran, aset, hutang, dan pola pengeluaran. 

BACA JUGA:Kebijakan Baru! Berani Pacaran dan Menikah Bakal Dapat Sokongan Dana Rp240 Juta dari Pemerintah

BACA JUGA:Congrats! Ibrahim Risyad dan Salshabilla Adriani Resmi Menikah, Gunakan Mahar 3 Mata Uang Asing

2. Anggaran bersama 

Kategori :