Indonesia Sudah Bergantung Pada China, Ini Tanda Tandanya

Rabu 17-07-2024,11:02 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Impor produk-produk dari China mengalami lonjakan. Barang impor dari China terus tumbuh tiap tahunnya.

Sepanjang Juni 2024, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa nilai impor dari China mencapai 32,44 juta Dollar AS pada periode Januari-Juni 2024. 

Jumlah tersebut sendiri sudah setara dengan 35,41 Persen total impor non migas pada paruh pertama tahun ini.

Menurut Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti, impor komoditas non-migas dari China kini sudah mencapai 5,34 miliar dollar AS, atau setara dengan 35,20 persen dari total impor non migas RI. 

BACA JUGA:

Secara tahunan, nilai impor dari China tercatat telah meningkat sebesar 1,1 Persen.

“Produk terbesar yang diimpor (dari China) saat ini adalah peralatan mekanis, yang kedua adalah mesin atau peralatan elektrik," Kata Amalia dalam keterangan tertulisnya pada Selasa, 16 Juli 2024.

Melihat besarnya angka tersebut, peneliti dari Center of Economics and Laws Studies (Celios) Muhammad Zulfikar Rahmat dan Yeta Purnama menilai jika Indonesia sudah ketergantungan ekonomi dengan China.

Menurut Zulfikar dan Yeta, China sendiri merupakan mitra dagang terbaik, serta sumber investasi yang signifikan bagi Indonesia. 

BACA JUGA:

Oleh karena itu, mereka menilai bahwa tidak akan mudah untuk menghindari ketergantungan secara ekonomi dengan China.

“Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang menerima pendanaan Bel and Road Initiative, dengan total hutang Indonesia ke negara China yang sudah mencapai Rp 885 Triliun," Ujar Zulfikar dan Yeta dalam keterangan tertulisnya pada Selasa, 16 Juli 2024.

Bahkan, kedua Ekonom ini juga memprediksi kalau hubungan kerja sama antara Indonesia dan China masih akan terus berlanjut hingga masa pemerintahan selanjutnya.

“Prabowo secara khusus telah terlibat dengan China. Prabowo juga pernah beberapa kali bertemu dengan Xiao Qian, Mantan Duta Besar China," Ujar Zulfikar dan Yeta.(bianca)

Kategori :