Konsumsi 5 Jenis Buah Ini Mampu Meningkatkan Kesehatan Otak Serta Pertajam Daya Ingat, Apa Saja Sih?

Selasa 16-07-2024,09:39 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jika kamu memiliki pola makan yang buruk serta kebiasaan untuk mengonsumsi makanan-makanan tak sehat, hal ini dapat berdampak pada kondisi kesehatan yang menurun, termasuk pada daya ingat. 

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi beberapa jenis makanan, seperti buah-buahan, gandum utuh dan legum, makanan berlemak sehat, ikan, dan biji-bijian serta dedaunan herba dapat berpengaruh pada kualitas daya ingat seseorang. 

Buah yang meningkatkan daya ingat penting untuk dikonsumsi agar kamu terhindar dari pikun atau mudah lupa. Daya ingat tajam sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, memiliki daya ingat yang tajam serta kuat dapat membuat kamu lebih cerdas, teliti, dan cekatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Selain makanan, ada juga berbagai jenis buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Mengutip dari berbagai sumber, berikut 5 di antaranya.

BACA JUGA:

Pisang

Buah untuk meningkatkan daya ingat lainnya pisang. Buah ini mengandung triptofan yang cukup tinggi. Triptofan sendiri merupakan asam amino yang bisa menghasilkan melatonin dan serotonin, yang berperan penting untuk kesehatan otak. Serotonin bahkan bisa meningkatkan kapasitas memori pada otak.

Anggur

Buah berwarna ungu ini memiliki kandungan resveratrol yang dapat meningkatkan kualitas daya ingat kamu. Anggur concord, secara spesifik, kaya akan kandungan polifenol yang dapat membantu untuk meningkatkan kinerja otakmu. Anggur merah juga mengandung polifenol yang tinggi antioksidan untuk menghambat Alzheimer dan penyakit lainnya seperti kanker dan jantung.

Semangka


Ilustrasi buah semangka.-Foto: Unsplash.com/RensD-

Semangka memiliki kandungan likopen yang sangat tinggi. Likopen merupakan sebuah zat antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk memerangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Kandungan air dalam semangka juga memiliki dampak yang baik bagi otak. Dehidrasi sendiri dapat mengakibatkan menurunnya daya ingat seseorang. Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2020, konsumsi semangka dapat memperbaiki kerusakan daya ingat pada kelompok tikus Wistar. Efek signifikan pada daya ingat terlihat signifikan setelah konsumsi selama 6 minggu berturut-turut.

BACA JUGA:

Kategori :