7 Obat Flu yang Aman untuk Ibu Menyusui: Panduan Penting Demi Keamanan Bayi

Minggu 14-07-2024,17:58 WIB
Reporter : Viza Aulia Zahra
Editor : Gatot Wahyu

Kandungan ibuprofen sebenarnya bisa terserap ke dalam ASI tetapi masih dalam kadar yang aman. Meski begitu, Bunda disarankan untuk tetap konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

3. OBHdryl Sirup 100 ml

Harga: Rp23.453 per Botol

Obat Sirup ini mengandung diphenhydramine HCI yang dapat meredakan flu disertai batuk berdahak akibat alergi.

OBHdryl Sirup bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui sebanyak 1 sendok takar, 3 kali sehari. Meski obat ini tergolong obat bebas, ibu menyusui disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum minum OBHdryl Sirup.

4. Ozen 10 mg 10 Tablet

Harga: Rp66.968 per Strip

Ozen tablet mengandung cetirizine (obat antialergi) yang dapat meringankan berbagai keluhan akibat alergi, termasuk bersin-bersin, hidung gatal, dan sakit tenggorokan. 

Obat flu untuk ibu menyusui ini bekerja dengan cara menghambat produksi histamin, yaitu senyawa yang menyebabkan munculnya gejala alergi saat terpapar bahan alergen.

Ozen aman dikonsumsi oleh ibu menyusui dengan dosis 1 tablet sehari. Obat dengan kandungan cetirizine ini bisa mendorong rasa kantuk tetapi umumnya masih dalam batas yang wajar, sehingga Bunda bisa tetap beraktivitas dengan lancar.

5. Breathy Tetes Hidung 30 ml

Harga: Rp59.306 per Botol

Obat ini mengandung natrium klorida yang dapat melembapkan lapisan hidung yang kering dan meradang akibat flu atau iritasi.

Dosis obat ini per hari adalah 1–2 tetes pada masing-masing lubang hidung. Pastikan Bunda mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan dan jangan berbagi obat yang telah digunakan dengan orang lain.

Karena kandungan di dalamnya belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak, sebaiknya Bunda jangan menggunakan obat tetes hidung Breathy tanpa saran dari dokter.

6. Vicks Inhaler 0,5 ml

Kategori :