Memutar Kunci Motor Berulang Kali Merusak Rumah Kunci, Mitos atau Fakta?

Minggu 14-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Verly
Editor : Putri Indah

Salah satunya dengan menggunakan bahan dasar stainless steel agar bagian lubang kunci motor tidak berkarat. 

Seiring dengan perkembangan jaman, rumah kunci pada setiap motor dilengkapi dengan fitur tutup. Sehingga menjaga keawetan rumah kunci motor dari debu dan juga air yang bisa masuk ke dalam komponen tersebut.

Di lain sisi, tidak hanya karat yang menjadi penyebab Utama kunci motor tidak bisa diputar, berikut ini fakta penyebab kunci motor yang tidak bisa diputar untuk Anda ketahui:

1. Mengalami kebengkokan kunci

Pada dasarnya setiap kunci berbentuk luruk dan mempunyai pola yang khusus dengan bentuk gerigi ataupun bercelah yang sudah disesuaikan dengan rumah kunci agar bisa bekerja dengan baik.

Namun apabila kunci motor dalam posisi bengkok, bisa menjadi kemungkinan kunci tidak bisa sesuai dengan kondisi rumah kunci yang mengakibatkan kunci tidak bisa diputar saat dimasukan.

Dan jika mengalami hal tersebut, pemilik kendaraan bisa mengakalinya dengan mencoba meluruskan terlebih dahulu dan baru digunakan Kembali. Atau dengan menggunakan kunci cadangan yang sudah disediakan dari pabrikan.

BACA JUGA:Ketahui 3 Jenis Kopling Sepeda Motor, Ini yang Digunakan pada Transmisi Matic

BACA JUGA:Perhatikan! Ini Ciri-ciri Aki Motor Masih Bisa Dicas atau Tidak, Berakibat Fatal Jika Dipaksakan

2. Silinder Kontak Kunci Rusak

Masalah lain yang perlu diperhatikan adalah silinder kontak motor rusak yang membuatnya tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Dan jika Anda mengalami hal tersebut, maka disarankan untuk segera mendatangi bengkel resmi untuk segera diganti.

3. Ada Tumpukan Kotoran

Salah satu penyebab paling umum kunci motor tidak bisa diputar yakni karena terdapat kotoran pada bagian kontak kunci motor. Kotoran seperti debu atau partikel kecil lainnya menumpuk dan akhirnya mengganjal kunci motor saat dimasukkan.

4. Karatan

Hal lain yang memicu kunci motor macet yakni adanya karat pada bagian lubang kunci motor. Karat pada bagian komponen kunci motor tersebut disebabkan adanya air yang masuk, sehingga benda berkarat akan sulit untuk diputar atau digerakkan.

 

Kategori :