5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Rambut, Dapat Membasmi Kutu Rambut

Kamis 11-07-2024,10:23 WIB
Reporter : Nia Audina
Editor : Putri Indah

Ketombe dapat menyebabkan kulit kepala menjadi gatal serta berminyak. Jika ingin mengatasi ketombe, menggunakan minyak zaitun bisa menjadi salah satu solusinya.

Minyak alami ini mempunyai sifat antiinflamasi dan antijamur yang dapat membasmi jamur penyebab ketombe dan meredakan peradangan di kulit kepala akibat garukan.

Bikin Rambut Lebat dan Berkilau

Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah dapat memberikan kelembapan pada rambut yang kering dan kusam sekaligus menambah kilau alami pada rambut.

Asam oleat pada minyak zaitun memberikan sifat emolien yang akan membuatnya terserap ke tiap helai batang rambut dan mengunci kelembapannya.

Anda dapat menggunakan minyak zaitun ini sebagai masker rambut maupun diaplikasikan sebagai pengganti kondisioner. Akan tetapi, untuk pemilik rambut cenderung tipis dan berminyak sebaiknya hindari penggunaan minyak zaitun agar tak membuatnya semakin lepek.

Bikin Rambut Lembap

Selain menjaga kelembapan, bahan alami ini juga berguna untuk menambah kilau alami rambut. Pasalnya, kandungan vitamin A dan antioksidan dalam minyak zaitun berperan melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapannya.

Alhasil, minyak zaitun mungkin dapat mengurangi penumpukan sebum (minyak alami) yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut.

Hal ini yang membuat rambut menjadi lebih berkilau karena pertumbuhan rambut baru. Tidak hanya itu, kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalen dalam minyak zaitun juga berguna untuk membuat rambut lebih sehat dan lembut.

Demikianlah manfaat dari olive oil yang baik untuk kesehatan rambut. Semoga membantu.

 

Kategori :