Ketahui 5 Kerusakan Umum Ini Sering Mengintai Honda BeAT Kesayangan, Ini Penyebabnya!

Rabu 03-07-2024,17:37 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

Kotoran seperti debu dan serpihan kampas kopling yang menumpuk pada mangkok kopling, juga dapat memicu bunyi ini. Selain itu puli CVT yang rusak akibat penggunaan berat atau usia pakai yang tinggi, bisa menyebabkan ketidaklurusan putaran sehingga menimbulkan bunyi gredek.

2. Tarikan Gas yang Terasa Berat

Tarikan gas yang berat tentu mengurangi kenyamanan dan performa. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan tarikan gas menjadi berat, yaitu filter udara yang kotor, busi yang aus, dan setelan klep yang tidak pas.

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Filter udara yang kotor akan menghalangi aliran udara bersih, sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna dan campuran bahan bakar menjadi terlalu kaya.

Akibatnya, tenaga mesin menurun dan tarikan gas menjadi berat. Busi yang aus tidak dapat menghasilkan percikan api yang kuat dan stabil.

Percikan api yang lemah membuat pembakaran tidak optimal, sehingga tenaga mesin berkurang dan tarikan gas menjadi berat. Setelan klep yang tidak pas dapat menyebabkan kebocoran kompresi, kompresi yang bocor membuat tenaga mesin turun dan tarikan gas menjadi berat.

3. Mesin Terasa Brebet 

Mesin brebet atau tidak stabil saat digas biasanya disebabkan oleh masalah pada pengapian, atau suplai bahan bakar. Busi yang kotor atau aus, filter udara yang tersumbat, dan gangguan pada sistem bahan bakar menjadi tersangka utama.

Busi yang kotor atau aus, seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, tidak dapat menghasilkan percikan api yang baik. Percikan api yang tidak stabil menyebabkan pembakaran tidak konsisten, sehingga mesin menjadi brebet.

Akibatnya, pembakaran tidak merata dan mesin menjadi brebet. Gangguan pada sistem bahan bakar seperti pompa bensin yang lemah, atau injektor yang kotor dapat menyebabkan semburan bahan bakar tidak stabil.

Suplai bahan bakar yang tidak konsisten membuat proses pembakaran terganggu, dan mesin motor matic menjadi brebet.

BACA JUGA:Terbaru! All New Honda BeAT Street 2024 Tampil Beda, Berlimpah Fitur Canggih dan Modern

BACA JUGA:Segera Meluncur! Honda BeAT 150 2024 Tampil Lebih Sporty dengan Fitur Modern, Yuk Cek Harganya

4. Lampu Sering Mati

Lampu yang sering mati pada BeAT dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu bohlam yang putus, aki yang lemah, atau kiprok yang rusak.

Bohlam yang putus merupakan penyebab paling umum. Seiring usia pakai, filamen di dalam bohlam bisa putus, sehingga lampu tidak dapat menyala.

Kategori :